Yuk, Mulai Traveling Tanpa Jejak Sampah

Kompas.com - 28/07/2019, 10:30 WIB
Milenial traveling ke Pulau Padar, Labuan Bajo, NTT ShutterstockMilenial traveling ke Pulau Padar, Labuan Bajo, NTT

KOMPAS.com - Liburan tanpa meninggalkan sampah memang belum jadi kebiasaan para pelancong.  Ribuan orang yang mendatangi air terjun dan meninggalkan sampah merupakan salah satu contohnya.

Founder Zero Waste Nusantara, Jeanny Primasari mengatakan, melancong memang menjadi kegiatan yang identik dengan segala sesuatu yang praktis, seperti penggunaan bahan plastik yang hanya sekali pakai lalu dibuang.

Maka penting untuk menerapkan konsep " zero waste traveling" alias liburan tanpa sampah, agar hobi jalan-jalan tetap diikuti dengan perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan.

"Perubahan kecil asal dilakukan terus-menerus dapat memberikan dampak yang besar,” ujar Jeanny dalam acara "Travel More, Waste Less" bersama Bank DBS Indonesia. 

Meski terdengar agak ribet dan membutuhkan persiapan lebih, namun zero waste traveling sebetulnya sangat mudah dilakukan. Bagaimana langkahnya?

1. Bawa botol minum

Terbiasa membawa botol minum sendiri sama dengan berkontribusi mengurangi sampah botol plastik air mineral yang kita hasilkan. Selain menjaga lingkungan, membawa botol minum sendiri juga membuat kita lebih hemat karena tidak perlu membeli air mineral kemasan.

Jika air habis, kita bisa mengisi ulangnya kembali. Beberapa tempat umum sudah menyediakan fasilitas pengisian ulang botol minum, seperti di taman, bandara, dan tempat umum lainnya.

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, RAN Bawa Tumbler Setiap Manggung

 2. Makan di tempat

Liburan memang tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Untuk mengurangi sampah, biasakan untuk makan di tempat daripada membawa pulang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X