Kompas.com - 22/08/2019, 10:36 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Status "lajang" bagi sebagian orang dianggap sebagai hal yang buruk, bahkan kutukan, jika kondisi tersebut tak juga berubah. Meskipun begitu, ada banyak perspektif yang bisa dipilih untuk memandang sebuah status lajang.

Alih-alih memandanganya sebagai kesepian yang tak pernah berakhir, ada banyak perspektif lainnya yang bisa kita pilih untuk menikmati anugerah status lajang tersebut dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Keluar dan melihat dunia

Ini memang terdengar agak klise dan sepertinya banyak orang yang mengunggah foto diri mereka ketika berlibur lewat Instagram. Mereka membagikannya dalam rangka merayakan sebuah kesendirian.

Tidak ada yang pernah menyesal karena telah mengeksporasi dunia. Tidak harus membuang uang dan berlibur mewah, berkeliling dan mengeksplorasi kota tempat tinggalmu juga sudah cukup.

Ada alasan mengapa traveling adalah hal yang banyak dilakukan orang-orang ketika melajang dan alasannya bukan hanya untuk mendapatkan "like" di media sosial.

Dengan traveling, kita menyadari betapa kecilnya kita dan betapa luasnya dunia di sekitar kita.

Ketika traveling, kita berkesempatan bertemu orang baru, mencoba hal baru dan berlatih mengatasi masalah-masalah kecil bahkan besar yang dihadapi di jalan. Meski begitu, kita akan selalu pulang membawa pengalaman baru dan seringkali juga perspektif baru.

Baca juga: Hidup Lajang Sebenarnya Menyenangkan dan Banyak Keuntungan

2. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri

Banyak orang takut menghabiskan waktu terlalu lama sendirian. Namun, kondisi tersebut justru akan memaksa kita untuk tumbuh dan benar-benar mengevaluasi hidup kita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X