Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2019, 13:19 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian perempuan, maskara adalah salah satu produk riasan wajah penting untuk menyempurnakan penampilan mata. Tak sedikit yang merasa tidak lengkap jika tidak mengenakannya.

Namun, kini saatnya memikirkan kembali untuk tidak mengenakannya terlalu sering. Sebab para dokter menilai pemakaian maskara setiap hari lebih banyak memberi bahaya.

Hal ini disebabkan sejumlah faktor. Misalnya, menggunakan maskara yang sudah kedaluwarsa atau memakainya terlalu lama dari yang seharusnya.

Dokter kulit konsultan untuk Kiehl's Dr Alexis Granite mengungkapkan, terlalu sering menggunakan maskara bisa menyebabkan peradangan, infeksi, hingga kerontokan bulu mata.

Namun, konsekuensi itu bisa dihindari dengan memerhatikan cara pakai maskara yang aman. Bahkan, dengan memerhatikan hal-hal tersebut, kita masih bisa menggunakannya setiap hari. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan?

Optometrist dari Vision Express, Meena Ralhan berbagi tipsnya:

1. Pastikan kamu mengganti produk maskara dan riasan wajah keseluruhan secara berkala. Kosmetik kedaluwarsa bisa membawa bakteri dan menyebabkan infeksi.

2. Pastikan semua produk mata yang kamu gunakan higienis dengan cara membersihkannya secara rutin, idealnya seminggu sekali.

Baca juga: Tips Agar Maskara Tak Rusak Sebelum Waktunya

3. Jangan berbagi produk mata atau menggunakannya bersama orang lain sebab kuman sangat mudah menyebar.

4. Setelah beraktivitas seharian, jangan lupa membersihkan riasan wajah secara keseluruhan dan bersihkan kelopak mata sebelum tidur. Jangan lupa pula melepas lensa kontak jika kamu memakainya.

5. Sesekali sediakan waktu untuk tak mengenakan riasan wajah, terutama mata, dan tampil secara alami. Biarkan kulit-kulit di sekitar mata bernafas. Hal ini penting agar kulit terhidrasi. Sebab, menggunakan riasan mata dalam waktu lama bisa menyebabkan mata kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com