Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2019, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan vagina yang sempurna dan hubungan seks lebih memuaskan, banyak cara dilakukan wanita. Mulai dari yang bersifat medis dan dilakukan dokter, hingga mempercayai mitos-mitos yang sulit dibuktikan kebenarannya.

Salah satunya adlaah menggunakan pasta gigi untuk mengencangkan vagina mereka. Namun, jangan tergoda mencobanya karena dokter memperingatkan itu adalah ide yang sangat buruk dan dapat menyebabkan kerusakan parah.

Vanessa Mackay, dokter konsultan ginekolog dan juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists, memperingatkan bahayanya.

"Memasukkan pasta gigi ke dalam vagina, atau pada vulva, bukan hanya tidak nyaman, juga dapat menyebabkan kerusakan serius dan mengganggu flora alami vagina yang berisiko pada potensi infeksi seperti vaginosis bakteri dan sariawan," katanya.

Beberapa jenis pasta gigi mengandung partikel kecil yang juga dapat menyebabkan luka mikro yang menyakitkan pada dinding vagina.

Oluwole Yusuf, seorang dokter di Nigeria, mengatakan dia telah melihat "obsesi baru-baru ini" pada wanita yang menggunakan pasta gigi untuk mengencangkan vagina.

Menurut Yusuf, menggunakan pasta gigi pada vagina bahkan bisa mengganggu kesuburan.

"Pasta gigi terlalu pedas dan terlalu kasar untuk bagian tubuh yang sensitif seperti vagina dan dapat menghancurkan organisme yang dimaksudkan untuk melindungi vagina dari kemungkinan infeksi," katanya.

Jika vagina tidak bisa lagi melindungi dirinya sendiri, tubuh rentan terhadap infeksi yang nantinya bisa menghancurkan organ reproduksi dan menghalangi kemungkinan hamil.

Baca juga: Vagina Bau? Cermati Penyebab dan Cara Mengatasinya

Alih-alih percaya pada mitos yang tidak jelas, Yusuf mengatakan ada latihan atau praktik lain yang bisa dicoba perempuan untuk mengencangkan vagina secara perlahan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.