Yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Adik dan Kakak Sering Berkelahi

Kompas.com - 04/01/2020, 12:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Kakak beradik tak selamanya akur. Ada kalanya keduanya berselisih karena berebut barang, merasa tak diperlakukan dengan adil, atau hanya berebut tempat di pangkuan ibu.

Hal ini sangatlah wajar mengingat kakak dan adik kandung pun memiliki karakter yang berbeda.

"Itu normal, setiap hubungan manusia memiliki konflik karena itu adalah dua individu dengan kebutuhan yang berbeda,” kata Laura Markham, Ph.D., seorang psikolog yang berbasis di Manhattan dan penulis “Peaceful Parent, Happy Siblings.”

Tetapi fakta bahwa konflik saudara adalah normal bukan berarti kita sebagai orangtua akan terus berpura-pura tidak mendengarkan anak-anak yang berteriak satu sama lain.

Ada langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk mencegah konflik sebelum itu terjadi, bahkan membantu anak-anak menyelesaikan perselisihan sendiri.

1. Persiapkan anak untuk kedatangan saudara baru

Jika Anda sedang menanti kelahiran si anak nomor dua atau tiga, ada baiknya untuk berbicara dengan anak tertua tentang saudara kandung yang akan lahir. Cara kita berbicara tentang adik yang akan lahir dapat membantu si kakak memiliki hubungan lebih kuat dan lebih mencintai saudara-saudaranya.

Ajak si kakak membicarakan calon adiknya dalam cara yang paling sederhana. Misalnya berandai-andai sedang apa ya si adik di dalam sana? Atau, apa ya makanan kesukaannya nanti?

“Bicarakan bayi sebagai orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan," saran Holly Recchia, Ph.D., seorang psikolog di Concordia University di Montreal yang mempelajari bagaimana hubungan membentuk perkembangan sosial dan moral anak-anak.

Baca juga: 5 Cara Agar Ayah Lebih Terlibat dalam Pengasuhan Anak

Dalam sebuah studi tahun 2017, para peneliti di University of Michigan dan University of Toronto menemukan bahwa ketika anak-anak kecil dapat lebih memahami perasaan dan kebutuhan orang lain - yang dikenal sebagai memiliki teori keterampilan pikiran yang lebih baik - mereka bermain lebih baik dengan saudara mereka di kemudian hari .

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X