Kompas.com - 08/01/2020, 10:44 WIB
Ilustrasi orientasi seksual shutterstockIlustrasi orientasi seksual
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mendengar kata orientasi seksual, kita mungkin langsung mengaitkannya dengan homoseksual, heteroseksual, maupun kelompok LGBT. Nyatanya, orientasi seksual ternyata tak hanya dua jenis di atas. Apa saja?

Orientasi seksual adalah ketertarikan emosional, seksual, dan romantisme yang dirasakan seorang individu terhadap individu lain.

Menurut ahli, orientasi seksual bukanlah sesuatu yang dipilih seorang individu. Dengan begitu, pakar sepakat bahwa orientasi seksual seseorang tidak dapat diubah.

Sebagian orang mungkin sudah menyadari orientasi seksual yang ia miliki sejak kecil. Walau demikian, beberapa individu lain memerlukan pengalaman seksual terlebih dahulu untuk bisa mengidentifikasi orientasi seksual dalam dirinya.

Jenis-jenis orientasi seksual

Ada beragam jenis orientasi seksual yang diidentifikasi oleh tiap-tiap individu. Beberapa yang terkenal di antaranya, yaitu:

1. Heteroseksual

Heteroseksual berarti orientasi yang membuat seseorang tertarik pada lawan jenis gendernya. Misalnya, seorang pria tertarik secara emosional dan seksual kepada seorang perempuan.

Heteroseksual mungkin menjadi orientasi yang paling kita kenali dan dianggap sebagai orientasi mayoritas.

2. Homoseksual

Homoseksual adalah orientasi individu yang memiliki ketertarikan fisik, emosional, seksual, dan romantisme terhadap individu lain yang memiliki gender yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X