Kompas.com - 07/04/2020, 09:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Menjalani proses kehamilan di tengah pandemi Covid-19 merupakan sesuatu yang tidak pernah diantisipasi sebelumnya. Sebagian calon ibu mungkin juga mengalami stres karena kecemasan akan virus.

Kekhawatiran seperti itu adalah hal yang normal dan seharusnya bisa memotivasi kita untuk lebih hidup bersih dan sehat. Jika kamu bingung apa saja hal yang perlu dikonsultasikan pada dokter, simak hal-hal berikut:

1. Perubahan rencana kelahiran

Hal pertama yang kebanyakan calon orangtua khawatirkan adalah tentang kelahiran bayi.

Dr. Michael Cackovic spesialis kedokteran ibu dan janin di Pusat Medis Wexner University di Ohio State menyarankan ibu untuk bertanya pada dokter tentang apakah ada perubahan rencana kelahiran yang mungkin terdampak karena pandemi.

"Sebagai contoh, kami mencoba untuk mengurangi beberapa kunjungan awal yang tidak penting untuk mengurangi potensi paparan kepada pasien. Juga, pertimbangkan untuk menanyakan apakah ada perubahan atau protokol di rumah sakit yang akan mempengaruhi selama persalinan dan melahirkan," katanya kepada Popsugar.

Baca juga: Haruskah Menunda Kehamilan Selama Wabah Virus Corona?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Spesialis Obstetri & Ginekologi dari Orlando Health Physician Associates di Florida, Megan Gray, sepakat bahwa sejumlah rumah sakit mengubah prosedur pelayanannya saat ini. Sehingga, para ibu hamil perlu lebih fleksibel.

Usahakan menelepon terlebih dahulu sebelum mengunjungi dokter.

"Kita harus memahami bahwa ini adalah virus baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya hingga sekarang. Data terbatas dan rekomendasi dapat berubah dengan cepat ketika kami memperoleh informasi lebih lanjut tentang virus ini. Namun, para ibu tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter," katanya.

Baca juga: 5 Kelemahan Virus Corona yang Bisa Dimanfaatkan untuk Cegah Penularan

2. Tetap berada di rumah

Halaman:


Sumber Popsugar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.