Kurangi Sampah Makanan dengan Kebiasaan Masak Sendiri

Kompas.com - 06/11/2020, 21:14 WIB
Ilustrasi makanan kemasan untuk take away dan delivery menu buka puasa dari hotel. SHUTTERSTOCK/CHEBERKUSIlustrasi makanan kemasan untuk take away dan delivery menu buka puasa dari hotel.

KOMPAS.com - Gaya hidup minim sampah alias zero waste living memiliki kaitan yang erat dengan pilihan makanan. Dengan banyaknya sampah makanan yang dihasilkan tiap orang, tentu akan lebih bijak jika kita mulai mengurangi sampah makanan.

Selain dengan menghabiskan makanan, kita juga bisa membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi konsumsi makanan dalam kemasan.

Seorang penulis sekaligus pegiat zero waste living, Dian Kusuma Wardhani atau yang akrab disapa Dini mengaku jika dirinya sudah mulai mengurangi pembelian makanan kemasan.

Walau ia mengakui bahwa terkadang membeli di luar juga tetapi berusaha untuk menggunakan wadah pakai ulang.

"Saya sudah jarang membeli makanan kemasan maupun yang delivery. Jadi saya selalu masak di rumah," katanya saat siaran langsung di akun Instagram Kind of Life @my.kindoflife, Jumat (6/11/2020).

Hal ini membuat dia beserta keluarga merasa jauh lebih sehat dan terhindar dari pola makan tidak sehat yang tinggi kalori dan gula.

Baca juga: Tips Kurangi Sampah Makanan, Olah Semua Bagian Bahan Makanan

Dini juga mengungkapkan, bahwa anak-anaknya jarang minta dibelikan jajanan atau snack yang berkemasan.

"Mereka maunya kita sama-sama bikin camilan sendiri. Akhirnya saya kemarin membuat biskuit dari sisa ampas kelapa," terangnya.

"Kalau mau jajan pun ya belinya buah-buahan yang tidak menimbulkan sisa," lanjut dia.

Kebiasaan itu bukan saja ramah di kantong karena bisa lebih berhemat, tetapi juga mendukung pola makan sehat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X