Kompas.com - 10/03/2021, 14:58 WIB
Ilustrasi bersepeda shutterstockIlustrasi bersepeda

KOMPAS.com - Sepeda di masa lalu lebih banyak digunakan sebagai transportasi utama bagi manusia. Namun kini kendaraan ini sudah menjadi sarana olahraga dan gaya hidup masyarakat modern.

Sepeda menjadi salah satu penemuan manusia yang paling bermanfaat. Keberadannya begitu berpengaruh pada peradaban manusia sehingga naik sepeda sudah menjadi salah satu skill utama yang perlu dikuasai. 

Fungsi dan desainnya juga terus berkembang seiring zaman. Kendaraan roda dua ini awalnya hanya sekedar menjadi alternatif transportasi yang lebih efisien.

Namun sekarang sepeda juga menjadi penanda status seseorang di lingkungan sosialnya. Jika dulu sepeda dianggap alternatif kendaraan yang murah meriah. Maka sekarang tidak lagi.

Lihat saja, sepeda merk tertentu bisa dibandrol dengan harga ratusan juta rupiah. Padahal bagi kalangan umum mungkin desain dan bentuknya hanya begitu-begitu saja.

Harganya yang kini selangit bukan hanya fakta menarik yang terjadi soal sepeda. Ada banyak fakta menarik dalam perkembangan sepeda selama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Sepeda Raksasa yang Dibuat Khusus Untuk Shaquille ONeal

Ilustrasi sepedaRyan McVay Ilustrasi sepeda
Berikut adalah 7 hal soal sepeda yang belum banyak diketahui orang:

  • Lomba sepeda sudah berusia lebih dari 150 tahun

Balap sepeda pertama kali diselenggarakan pada 31 Mei 1868 di Paris. Perlombaan ini memiliki rute sejauh 1.312 yard atau setara dengan 1,2 kilometer.

Lomba yang dimulai dari gerbang sampai air mancur taman Saint-Cloud ini dimenangkan oleh pria berusia 18 tahun bernama James Moores. Ia merupakan ekspatriat Inggris yang lahir di Paris.

  • Disesuaikan dengan kondisi sosial budaya

Sepeda mulai berkembang dan digunakan oleh wanita di Eropa ketika Era Victoria. Saat itu semua wanita mengenakan gaun sebagai pakaian sehari-hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.