Kompas.com - 08/04/2021, 18:40 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 tentu saja membuat banyak perubahan, terutama dalam hal pengelolaan keuangan keluarga.

Rata-rata, di dalam sebuah keluarga, ibu sering kali dipercaya untuk menjadi pemegang kendali keuangan yang bertugas mengawasi dan mengatur pengeluaran.

Oleh sebab itu, para ibu mesti cermat mengatur keuangan dan menghemat biaya agar keuangan di dalam keluarga tetap stabil selama pandemi ini berlangsung.

Baca juga: Ini Kebiasaan Berhemat ala Keluarga Kerajaan Inggris

"Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran," kata perencana keuangan independen, Prita Ghozie.

Dia mengungkapkan pandangan itu dalam konferensi pers virtual Attack Jaz1 Detergel, Rabu (7/4/2021) kemarin.

Hal yang harus dilakukan, kata Prita, mengevaluasi sumber pemasukan, mengatur prioritas pengeluaran, dan membuat anggaran untuk mencapai tujuan keuangan.

Berdasarkan riset IPB5, 76 persen responden menyatakan saat ini alokasi pengeluaran keluarga meningkat untuk membeli perlengkapan kesehatan dan sanitasi atau kebersihan.

Temuan tersebut menunjukkan sikap konsumen yang mengutamakan manfaat dalam memprioritaskan pengeluaran, khususnya yang menyangkut aspek kebersihan dan kesehatan.

"Selain mengutamakan manfaat kebersihan dan kesehatan, para ibu juga harus memilih produk dengan efisiensi biaya (cost-efficient) agar keuangan tetap stabil dan sehat," ujar dia.

Senada dengan Prita, penyanyi sekaligus ibu empat anak, Ashanty, juga memiliki masalah pengeluaran yang sama dalam hal kebersihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X