Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mendongeng bagi Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 20/10/2021, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Ristiana Dwi Putri

SETIAP perkembangan anak memerlukan bantuan dan dorongan dari lingkungan sekitar, terutama keluarga dan orangtua. Saat ini, pendidikan anak usia dini sangat diperlukan dalam pembentukan karakter anak. Pendidikan karakter yang kuat akan menciptakan pribadi yang unggul dalam beragam aspek.

Pembelajaran bagi anak usia dini dapat dilakukan dengan belajar sambil bermain. Melalui bermain, anak dapat mengeksplorasi hal-hal yang sudah diketahuinya dan menemukan hal-hal baru. Selain itu, guna membantu perkembangan dan potensi anak dapat juga dilakukan dengan media bercerita atau mendongeng.

Terutama bagi anak yang memiliki gaya belajar auditori (mendengarkan). Anak yang auditori memiliki kemampuan lebih dalam menyerap informasi melalui penjelasan yang didengarkan.

Oleh karena itu, mengenalkan dan membiasakan anak mendengarkan dongeng dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan.

Kisah-kisah yang terkandung dalam cerita dongeng tidak hanya kisah fiksi, tetapi juga menggambarkan pelajaran moral melalui karakter yang ditampilkan dalam cerita.

Seorang anak akan belajar banyak dengan mendengarkan cerita-cerita menarik dalam dongeng. Tidak hanya itu, mendongeng juga memiliki beragam manfaat bagi tumbuh kembang anak.

Mengasah ketajaman kognitif

Cerita memiliki keterkaitan dengan perkembangan kognitif anak serta mengajak anak untuk berpikir dan menganalisis cerita yang didengar untuk menilai atau memecahkan masalah yang ada. Meskipun sebagian besar cerita dalam dongeng adalah kisah fiksi, tetapi hal ini membantu anak dalam ketajaman kognitif anak.

Kecerdasan emosional anak juga dilatih dari cerita seperti dongeng karena membantu mereka menemukan solusi dan strategi yang berbeda untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh anak.

Anak juga belajar untuk memahami perbedaan baik dan jahat melalui karakter-karakter yang ada di dalam cerita. Cerita yang sederhana dalam dongeng membuat anak lebih mudah dalam mengidentifikasi beberapa asosiasi sederhana dalam hidupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.