Kompas.com - 27/11/2021, 10:00 WIB

KOMPAS.com – Membersihkan kamar mandi barangkali menjadi pekerjaan yang paling membuat kita malas melakukannya. Sehingga, jika kita membersihkannya pun tak semua bagian ikut dibersihkan, seperti area pancuran (shower) misalnya.

Padahal, kamar mandi bisa jadi tempat bersarangnya kuman, termasuk bakteri dan jamur. 

Karena alasan di atas, selain pembersihan rutin, jadwalkan pembersihan mendalam (deep cleaning) secara berkala agar setiap bagian di kamar mandi bersih. 

Kelly Reynolds, PhD, Direktur Pusat Lingkungan, Ilmu Paparan, dan Penilaian Risiko di Universitas Arizona, AS, memberi tahu sejumlah bahaya yang akan terjadi jika kamar mandi tidak dibersihkan. Lalu, apa sajakah itu?

Baca juga: 6 Tips Membersihkan Kamar Mandi dengan Cepat, Mudah, dan Alami

1. Bisa memicu alergi dan asma

Lingkungan dengan kelembapan tinggi, seperti kamar mandi yang lembap, merupakan tempat yang ideal bagi pertumbuhan jamur.

“Jamur di kamar mandi, dinding kamar mandi, dan keset kamar mandi biasanya tidak menjadi masalah bagi individu yang sehat," kata Reynolds.

Meski begitu, keberadaan jamur di kamar mandi tetap tidak boleh disepelekan. Sebab, jamur  bisa menimbulkan asma dan alergi atau memperburuk gejala. 

Selain itu, kamar mandi yang kotor juga menjadi tempat yang berbahaya bagi penderita gangguan penurunan sistem imun tubuh.

2. Bisa terkena infeksi kulit

Banyak orang menganggap kamar mandi di gym atau asrama bisa menimbulkan infeksi kulit yang parah. Walau ada benarnya, infeksi pada kulit ternyata juga bisa kamu alami jika berbagi kamar mandi yang tidak dibersihkan di rumah dengan orang lain.

Halaman:
Sumber Livestrong


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.