Kompas.com - 19/01/2022, 19:39 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menyikat gigi secara teratur adalah kebutuhan dasar untuk menjaga kesehatan mulut. Jika kebersihan mulut tidak dijaga, maka akan terjadi beberapa masalah mulut, seperti bau mulut, gigi berlubang, hingga pembusukan.

Meskipun banyak merek pasta gigi yang mengklaim memiliki bahan-bahan alami, tetapi akan lebih baik jika kita menggunakan bahan-bahan tersebut secara langsung di rumah.

Membersihkan gigi dengan bahan alami diklaim dapat memberikan efek lebih baik untuk kebersihan mulut. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari.

Melansir Howtocure.com, Kamis (5/11/2020), salah satu bahan makanan di dapur yang sering digunakan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah garam dan minyak mustard.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Penyakit Jantung, Termasuk Menjaga Kebersihan Gigi

Garam merupakan sumber fluoride alami yang bertindak sebagai abrasif ringan untuk mencegah gigi berlubang dan mencerahkan gigi.

Untuk diketahui, garam adalah mineral kristal yang terbuat dari dua unsur, yaitu natrium (Na) dan klorin (Cl ). Natrium klorida dalam garam ini yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri di mulut.

Sementara itu, minyak mustard dapat membantu memperkuat gusi dan menghilangkan plak. Noda gigi ini umumnya terbentuk karena bakteri yang dikelilingi oleh membran lemak.

Selain itu, minyak mustard dan garam juga diklaim bisa mengurangi peradangan gusi dan mengontrol pendarahan pada gusi. Hal ini karena kandungan polyunsaturated fatty acids (PUFAs) atau asam lemak tak jenuh ganda pada minyak mustard dapat mencegah penyakit gusi atau periodontitis.

Cara menggunakan minyak mustard dan garam

Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, kita hanya perlu mengambil sejumput garam atau garam batu dan mencampurnya dengan minyak mustard.

Sejumput kunyit juga bisa ditambahkan ke dalam campuran garam dan minyak mustard lalu diaduk secara merata.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada gusi dengan menggunakan jari telunjuk. Kemudian diamkan selama tiga menit dan bilas menggunakan air hangat.

Itu dia cara alami untuk menjaga kesehatan gigi dengan minyak mustard dan garam. Namun, jika Anda memiliki masalah mulut yang serius, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi sebelum memulai pengobatan rumahan ini.

Baca juga: Seberapa Ampuh Garam untuk Membasmi Jamur di Rumah?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.