Kompas.com - 16/05/2022, 18:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jahe memang dikenal bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak heran, banyak yang memanfaatkan khasiat jahe dengan mencampurkannya ke dalam berbagai minuman, membuatnya lebih enak dan mudah dikonsumsi.

Namun tak disangka, jahe rupanya memiliki segudang manfaat bagi kecantikan kulit kita lho. Bahkan, beberapa produk perawatan kulit di pasaran sudah memasukkan jahe sebagai salah satu bahan bakunya.

Memang, apa saja manfaatnya? Berikut pendapat beberapa dokter kulit.

Pertama, peremajaan kulit.

“Jahe memiliki banyak manfaat bagi kulit dan dapat meremajakan kulit dengan mengurangi tanda penuaan, membuang racun, meratakan warna kulit, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan melancarkan peredaran darah," ujar Dr. Elizabeth Mullans.

Dokter kulit bersertifikat di Uptown Dermatology di Houston, Texas, itu menambahkan bahwa antioksidan di dalam jahe dapat membantu menyamarkan bekas luka dan melindungi kulit dari sinar UV.

Manfaat jahe dalam menyamarkan luka itu juga diakui oleh dokter kulit asal New York Dr. Snehal Amin.

Menurut Amin, manfaat penyamaran luka dari jahe disebabkan oleh aktifnya melanosit yang meningkatkan produksi melamin serta kandungan anti-inflamasi dan antioksidan di dalamnya.

"Jahe memanfaatkan sifat antioksidan untuk meningkatkan aliran darah, yang membantu jaringan parut menyatu lebih baik ke dalam kulit," jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber InStyle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.