Kompas.com - 16/09/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi rebusan jahe dan sereh shutterstockIlustrasi rebusan jahe dan sereh
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Serai atau sereh dan jahe sudah lama terbukti sebagai rempah yang berkhasiat untuk tubuh. Sehingga, air rebusan keduanya dianggap dapat membantu meredakan berbagai penyakit. Agar lebih lezat, kita pun bisa menambahkan gula merah ke dalam campuran tersebut.

Khasiat rebusan jahe, serai, dan gula merah antara lain bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan darah tinggi, hingga membantu menyehatkan pencernaan. 

Manfaat rebusan sereh dan jahe sudah digadang-gadang sejak dahulu kala. Namun, biasanya klaim tersebut hanya didasarkan pada cerita turun-temurun.

Ternyata secara ilmiah, manfaat jahe maupun sereh juga bisa dibuktikan. Berikut ini beberapa khasiat yang bisa didapatkan apabila kita mengonsumsi keduanya.

1. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Baik jahe maupun serai, merupakan rempah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih.

Radikal bebas sendiri bisa memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, atau penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Meredakan peradangan di tubuh

Minum air rebusan sereh dan jahe juga bisa menbantu meredakan peradangan di tubuh, karena keduanya memiliki sifat antiinflamasi.

Inflamasi atau peradangan biasanya terjadi akibat infeksi bakteri, pola makan yang kurang sehat, hingga alergi.

Baca juga: Mari, Kenali Manfaat Minuman Jahe bagi Kesehatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.