Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Make Up Lebaran untuk Wanita Berkulit Sawo Matang

Kompas.com - 16/04/2023, 21:27 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih gaya make up untuk wanita Indonesia yang rata-rata memiliki kulit sawo matang ternyata tidaklah mudah.

Sebab, beberapa gaya make up yang tidak sesuai untuk kulit sawo matang bisa menyebabkan tampilan yang kurang menarik.

Misalnya, menimbulkan oksidasi yang bisa membuat kondisi make up menggelap atau menjadi keabu-abuan, serta wajah terlihat lebih berminyak.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, seorang make up artist profesional dari @semakeup.co, Septi Maulani, pun membagikan tips make up bagi para wanita berkulit sawo matang, khususnya saat merayakan Lebaran sebagai berikut.

1. Memakai skincare tanpa efek whitening

Menurut Septi, sebelum memulai menggunakan make up, kita perlu memakai rangkaian skincare yang terdiri dari pembersih (cleanser), toner, serum, day cream, dan sunscreen.

"Selain bisa memberikan hasil yang lebih bagus, memakai skincare sebelum make up juga bisa melindungi kulit dari bahan-bahan kimia."

Demikian penuturannya kepada Kompas.com ketika ditemui dalam acara Beauty Class by Mizzu di Bentara Budaya Jakarta, belum lama ini.

"Memakai skincare juga membantu menjaga kulit lebih kenyal dan lembap sehingga pengaplikasian make up jadi lebih awet," kata dia.

Untuk penggunaan day cream dan sunscreen, Septi juga mengingatkan agar kita menghindari produk dengan kandungan pemutih (whitening), atau yang bisa menimbulkan efek white cast.

"Pastikan juga day cream mengandung moisturizer dan SPF. Pilihlah produk yang berbasis nature beauty karena bahan-bahannya pun lebih alami," sarannya.

2. Mengaplikasikan color corrector

Setelah memakai skincare, selanjutnya Septi merekomendasikan kita untuk mengaplikasikan color corrector, yang bisa membantu untuk membuat tampilan make up lebih flawless.

"Untuk wanita berkulit sawo matang, color corrector dengan warna shade orange itu adalah kunci jika kita memiliki foundation keputihan atau tidak cocok dengan warna kulit kita," terang Septi.

"Apa pun gaya make up-nya, color corrector itu wajib dipakai."

"Entah itu foundation atau bedak kita yang keputihan, warna orange dari corrector bisa menolong dari oksidasi dan menyeimbangkan warna kulit kita," jelas dia.

Acara Beauty Class by Mizzu di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (14/4/2023).Ryan Sara Pratiwi Acara Beauty Class by Mizzu di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (14/4/2023).
Lebih lanjut, Septi mengungkapkan bahwa untuk gaya make up wanita berkulit sawo matang, complexion yang paling cocok untuk merayakan Lebaran adalah warna-warna yang warm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com