Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seks Terasa Sakit Pascaoperasi Caesar

Kompas.com - 18/08/2011, 15:33 WIB

TANYA :

Dok, sekitar 5 bulan lalu istri saya melahirkan lewat operasi Caesar, dan sekarang sedang memberi ASI. Pada saat melahirkan, istri saya dideteksi memiliki kista dan miom, namun sudah diangkat pada saat melahirkan. Saat ini, sesuai anjuran dokter, istri saya menggunakan konstrasepsi suntik hormon per 3 bulan, katanya sebagai terapi untuk miom-nya.

Kenapa ya istri saya semenjak selesai masa nifas sampai sekarang sangat sulit untuk dirangsang? Padahal, saya sudah melakukan pemanasan.  Kalaupun berhasil, istri saya masih merasa kesakitan saat melakukan penetrasi dalam. Apakah hal ini normal dan bagaimana solusinya? Karena saya takut suatu saat hal ini dapat mengganggu hubungan kami. Terima kasih Dok. 

(Firman, 25, Bandung)  

 

JAWAB :

Sebenarnya operasi Caesar merupakan operasi yang tergolong umum dilakukan. Setelah operasi, pada umumnya terjadi penyembuhan yang baik, sehingga tidak menimbulkan akibat apapun terhadap hubungan seksual. Apalagi sudah 5 bulan   yang lalu.

Tetapi kalau Anda merasa sakit saat melakukan hubungan seksual, khususnya kalau melakukan penetrasi dalam, boleh jadi itu bukan karena operasi Caesar. Yang pasti, istr, Anda perlu mendapat pemeriksaan untuk menentukan ada gangguan apa pada kelamin dan sekitarnya. Sementara masalah itu belum diatasi, seyogyanya Anda tidak paksakan melakukan hubungan seksual.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com