Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2013, 10:32 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com -
Bagi sebagian perempuan, memiliki pipi tembam dan dagu ganda adalah masalah besar. Masalah ini akan mengganggu penampilan Anda karena Anda akan terlihat sangat gemuk. Bisakah menghilangkannya?

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi kebiasaan hidup tak sehat, seperti minum beralkohol, merokok, dan junk food. Menurunkan berat badan juga bisa berpengaruh untuk mengecilkan pipi chubby.

Jika masih sulit untuk mengurangi kebiasaan ini, kenapa tak coba melakukan pijat pipi dan beberapa latihan pipi untuk membuatnya lebih tirus.

1. Mulut ikan
Facial pipi yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengerucutkan atau menyedot udara ke dalam mulut (pipi menjadi kempot). Bentuk mulut jadi mirip seperti mulut ikan. Pastikan tak ada udara yang keluar saat Anda melakukan hal ini. Tahan selama satu menit, kemudian kembalikan ke posisi normal. Ulangi cara ini sampai 10 kali. Lakukan tiga kali sehari.

2. Senyum
Cara terbaik untuk melatih otot wajah dan pipi adalah dengan tersenyum lebar. Hilangkan pipi tembam Anda dengan cara menarik otot wajah sampai batas maksimum (senyum lebar dan tahan selama satu menit. Ulangi cara ini sesering mungkin.

3. Makan permen karet
Anda pasti tahu kalau mengunyah permen karet bisa menyegarkan nafas dan menghilangkan kecemasan. Selain itu, permen karet ini juga akan membantu mengurangi "beban" di pipi Anda. Dagu Anda akan menjadi kuat dan otot pipi akan mengecil.

4. Mengangkat pipi
Latihan yang paling baik adalah dengan latihan mengangkat pipi. Cobalah untuk menarik otot pipi dan angkat sampai mendekati mata. Gunakan sudut mulut untuk mengangkat pipi, misalnya dengan tersenyum. Atau gunakan bantuan tangan untuk mengangkat pipi ke atas.

5. Menggembungkan pipi
Kebalikan dengan mulut ikan, Anda harus menggembungkan pipi. Tahan posisi selama beberapa menit kemudian lepaskan. Ulangi langkah ini 10 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com