Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2020, 16:21 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber GQ

KOMPAS.com - Punya rambut keriting yang tebal, berarti kamu punya beban ekstra untuk merawatnya. Ya, semua pria berambut keriting dan gondrong di luar sana tahu akan hal ini.

Cukup sulit untuk memiliki good hair day sesuai keinginan, apalagi saat kamu tahu cuaca di luar bakal mengubah rambut keriting dan panjang milikmu "mengembang” dan berminyak. Bahkan, butuh pengetahuan ekstra dan jauh lebih banyak produk agar rambutmu tetap terjaga.

“Salah satu masalah terbesar yang dimiliki orang-orang berambut ikal adalah mereka tidak menggunakan produk yang tepat untuk jenis rambut mereka,” kata penata rambut Carlos Arriola dari Mexico City.

Arriola sendiri memiliki rambut keriting panjang dan membantu kliennya mengelola rambut mereka sendiri. 

Mengelola rambut keriting dimulai dengan perawatan rambut —produk yang membersihkan, melembapkan, dan menutrisi rambut, alih-alih menata dan mengendalikannya.

Baca juga: Rambut Bermasalah, Bisa Jadi Akibat Tidak Tahu Cara Keramas yang Benar

Arriola menyarankan kliennya untuk mencuci dan merawat rambut mereka setiap hari ketiga. Tujuannya yaitu mengurangi jumlah hari kamu menderita keracunan kering yang disebabkan oleh sampo. Sebab, sampo dapat mengangkat minyak alami dari kulit kepala yang membantu menyuburkan rambut.

“Rambut menghasilkan minyak, dan minyak alami ini sangat baik bagi tingkat kelembapan rambut. Beberapa orang lebih memilih mencuci rambut setiap hari, tapi saya tidak,” ujar Arriola.

Ia juga menambahkan, jenis produk yang digunakan harus dapat menangani jenis rambut yang dimiliki secara tepat. Seperti rambut ikal, rambut yang diwarnai putih, rambut berwarna, atau bergelombang.

Namun, yang harus dimiliki adalah sampo dan kondisioner karena keduanya sangat bergizi dan menambah kelembapan hingga ke ujung rambut. Pasalnya, sulit bagi minyak alami kulit kepala untuk menjangkau setiap rambut keriting.

Pada hari ketiga, Arriola menggunakan sampo dan kondisioner (tidak dipakai dalam waktu bersamaan), serta kondisioner krim tanpa bilas setelah mandi.

Baca juga: Trik Tampil Keren dengan Rambut Gondrong ala Bradley Cooper

Lalu, lanjutnya, jika rambut benar-benar terasa kering, kamu bisa melakukan perawatan masker rambut seminggu sekali setelah mandi agar kondisi rambut mengembang penuh nutrisi.

Arriola memberi saran kepada kliennya agar tidak membasahi rambut pada hari di antara pencucian jika memungkinkan.

“Yang saya sarankan, basahi saja jika kamu akan melakukan segalanya: cuci, kondisioner, masker,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GQ
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com