Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penurunan Berat Badan yang Aman Dalam Enam Minggu

Kompas.com - 19/07/2020, 17:46 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Dalam hal penurunan berat badan kebanyakan orang pasti menginginkan hasil yang instan dan cepat. Sayangnya, seringkali tercapainya target itu mengorbankan kesehatan.

Banyak orang yang hanya fokus pada angka timbangan yang turun, tetapi sebenarnya ada efek samping dari penurunan badan instan dan drastis, entah itu muncul jangka panjang atau jangka pendek.

Sebelum memutuskan untuk melakukan program penurunan berat badan, ketahui dulu hal-hal dasar sehingga kita bisa terhindar dari proses pelangsingan yang tidak sehat.

1. Berapa banyak menurunkan berat badan yang sehat dalam enam minggu?

Penurunan berat badan yang disarankan para ahli berkisar sekitar 0.5 - 1kg per minggu, sehingga beberapa wanita berpotensi kehilangan sekitar 2 kg berat badan dalam enam minggu, sementara yang lain bisa menurunkan hingga 6 kg.

Tetapi penurunan berat badan adalah proses yang unik dan tergantung pada banyak faktor. Penting untuk menyadari bahwa ada banyak faktor yang berperan dalam komposisi tubuh. Jadi, keberhasilan orang lain seringkali sulit dijadikan patokan. Yang terpenting adalah mengubah pola hidup tidak sehat menjadi sehat.

Baca juga: Turunkan Berat Badan 36 Kg dengan Jalan Kaki dan Diet Karbo, Mau Coba?

2. Bisakah kita menurunkan 6 kg dalam 6 minggu?

Penurunan berat badan pada tingkat ini tidak akan dianggap 'sehat' oleh banyak ahli, karena yang tingkat aman adalah 0,5kg hingga 1kg setiap minggu.

Selain itu, bagi wanita sebaiknya tidak menurunkan persentase lemak tubuh mereka di bawah 18 persen.

“Karena produksi hormon, kesuburan, dan siklus reguler dapat berpengaruh dalam jangka panjang,” kata Jake Lawrance dari F45 Training Camden.

Ini bukan hanya tentang angka pada timbangan tetapi apa yang ada di membangun tubuhmu, yang salah satunya juga membutuhkan lemak, itu yang terpenting.

Ilustrasi langsingshironosov Ilustrasi langsing

3. Bisakah kita menurunkan berat badan saat pandemi?

Penurunan berat badan terjadi ketika kamu berada dalam defisit kalori. Memahami keseimbangan energi untuk tubuh kita sendiri (atau total pengeluaran energi harian) adalah kunci untuk mengetahui titik kamu akan memulai mengatur asupan.

Singkatnya, menurunkan berat badan bisa sesederhana makan lebih sedikit dari yang dibakar tubuh untuk aktivitas sehari-hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com