Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Penting Platform Layanan Kesehatan di Masa Pandemi

Kompas.com - 06/08/2020, 18:35 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama. Namun, banyak masyarakat yang khawatir untuk berkonsultasi atau memeriksakan diri ke rumah sakit atau klinik.

Kecemasan akan tertular virus corona bila ke layanan kesehatan itu membuat banyak pasien penyakit kronik tidak bisa mengontrol penyakitnya. Mereka juga menunda jika ada keluhan sehingga kondisinya bisa terlanjur parah.

Jyoti Nagrani, VP Operations and Partnerships aido Health, menambahkan dalam waktu lima bulan terakhir, pandemi Covid-19 ikut mengubah layanan kesehatan.

"Rumah sakit diminta mengurangi layanan rawat jalan untuk mengurangi risiko infeksi virus. Ada kekhawatiran dari masyarakat dan pihak kedokteran serta rumah sakit," tutur Jyoti dalam virtual conference peluncuran aplikasi Aido Health pada Kamis (6/8/2020).

Pemanfaatan teknologi digital dalam dunia kesehatan sebenarnya bisa menjadi solusi. Lewat aplikasi kesehatan, masyarakat bisa berkonsultasi dengan tenaga medis jika ada keluhan sebelum berobat ke rumah sakit atau klinik.

Di negara maju aplikasi semacam ini sudah menjadi kebutuhan.

"Telemedicine dan penyediaan layanan kesehatan di rumah adalah wujud solusi dari perubahan yang terjadi akibat pandemi," katanya.

Baca juga: Kapan Keluhan Sakit Kepala Perlu Diperiksakan ke Dokter?

Aplikasi aido Health

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat soal layanan kesehatan, aplikasi aido Health resmi diluncurkan pada hari ini dan sudah bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Store.

"Aido Health adalah aplikasi yang membuat kita sebagai dokter lebih dekat dengan pasien sehingga sasaran utama dokter lebih cepat tercapai," kata dr. Roy Panusunan Sibarani Sp.PD-KEMD.

Ia mengatakan, selama pandemi banyak orang membuat batasan tegas agar tidak berdekatan dengan orang lain, termasuk membuat jarak antara dokter dengan pasien. 

Lewat aplikasi seperti aido Health, kini pasien tak perlu membuat jarak lagi dengan tenaga medis.

Menurut Jyoti, aido Health hadir dengan menggunakan konsep online dan offline. Layanan yang tersedia mencakup konsultasi online, layanan ke rumah, serta pemeriksaan laboratorium dari rumah.

"Kami ingin memberi solusi bagi setiap rumah sakit dan klinik untuk memudahkan akses kesehatan kepada masyarakat," ujar Jyoti.

Baca juga: Jaga Keseimbangan Antara Bekerja dan Kehidupan Pribadi demi Kesehatan

"Lewat layanan teleconsultation, pasien bisa berkonsultasi secara virtual dengan dokter spesialis dari berbagai rumah sakit dan klinik yang bermitra dengan aido Health. Jika memang harus diperiksa langsung, barulah pasien akan diundang untuk datang ke rumah sakit."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com