Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2020, 16:46 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com— Para pecinta hewan tentu berharap bisa memahami bahasa hewan peliharaannya agar bisa mengetahui apa yang dibutuhkan dalam perawatannya. Keinginan itu sepertinya sebentar lagi bisa dipenuhi.

Mantan engineer Amazon yang kini menjadi manajer proyek perusahaan teknologi Akvelon, Javier Sanchez, menciptakan aplikasi yang mampu menjembatani komunikasi manusia dengan kucing peliharaan. 

Sanchez saat ini sedang mengembangkan aplikasi bernama MeowTalk, sebuah aplikasi yang diklaim mampu menerjemahkan vokalisasi kucing menjadi sesuatu yang dapat dipahami manusia.

"Ini bukan bahasa. Mereka tidak berbagi kata atau berkomunikasi satu sama lain. Kucing tidak pernah mengeong satu sama lain secara alami," kata Sanchez.

Baca juga: Apakah Kucing Perlu Mandi?

Melalui penelitian, Sanchez dan timnya menemukan bahwa kucing sering kali punya satu dari sembilan maksud berbeda yang coba disampaikan saat mengeong kepada manusia. Setiap pesan memiliki jenis meongnya sendiri.

Menggunakan pengalaman Alexa-nya dan penelitian ini, Sanchez berupaya untuk memecahkan kode meow menjadi frasa yang coba disampaikan oleh kucing, seperti "Saya lapar" atau "Saya kesakitan".

Pemilik kucing yang mengunduh aplikasi dapat merekam suara meong kucing mereka dan kemudian mendapatkan terjemahan suaranya.

Kamu juga bisa memasukkan vokalisasi dari meongan kucing kesayangan agar bisa dipelajari oleh aplikasi ini.

Tidak hanya itu, pemilik juga dapat memberikan umpan balik kepada Meowtalk tentang keakuratan terjemahan aplikasi terhadap meongan kucing.

Baca juga: 8 Tanda Kucing dan Anjing Peliharaan Sedang Stres

Ilustrasi makanan kucing. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi makanan kucing.

Sembilan terjemahan

Dalam deskripsinya, aplikasi Meowtalk mampu menerjemahkan meongan kucing secara instan yang mewakili suasana hati dan apa yang sedang dipikirkan oleh kucing, yang masuk dalam sembilan terjemahan umum.

Tetapi setiap kucing juga memiliki vokalisasi dan kosa kata mengeong yang unik yang melampaui sembilan maksud umum ini.

Saat kamu memberikan aplikasi 5 hingga 10 contoh meongan dari kucing ( misalnya “mau makanan", "keluarkan saya") aplikasi dapat mulai mengenali meong itu (jadilah penerjemah kucing peliharaan).

MeowTalk masih dalam pengembangan dan terus disempurnakan dan diperbarui, tetapi prototipe tersebut kini sudah tersedia untuk diunduh untuk ponsel Apple dan Android.

Sanchez berharap aplikasinya terbukti berhasil. Saat ini ia dan timnya tengah mengembangkan kalung yang bisa menerjemahkan mengeong kucing saat mereka berbicara.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Berperilaku Agresif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com