Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Suplemen Vitamin untuk Jaga Imunitas di Masa Pandemi

Kompas.com - 06/05/2021, 08:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semakin banyaknya varian baru covid-19 yang diklaim lebih mudah menular di Indonesia membuat kita harus lebih waspada dengan meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Selain mengubah pola makan dan tidur yang baik, kita juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh melalui asupan mikronutrien dari suplemen vitamin dan mineral.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FAPSR, FISR mengatakan bahwa suplemen vitamin dan mineral sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tubuh kita.

Terlebih, bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan dengan berbagai kesibukannya sehingga kurang menjaga pola makan dan tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Baca juga: Cuma 2 Suplemen yang Bisa Bikin Sehat dan Hidup Lebih Lama, Apa Itu?

"Suplemen ini penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menambah mikronutrien yang berfungsi melawan virus," terangnya dalam webinar bersama Kalbe Farma, Rabu (5/5/2021).

Menurut dia, kekurangan mikronutrien tidak hanya dapat menurunkan daya tahan tubuh, tetapi juga mengakibatkan gangguan pada fungsi sel dan menghambat proses penyembuhan penyakit.

Adapun beberapa kelompok orang tertentu yang wajib mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral antara lain ibu hamil atau menyusui, anak dan remaja dengan kebiasaan makan tidak teratur, serta orang lanjut usia (lansia).

Di samping itu, Agus juga merekomendasikan agar kita bisa mengonsumsi suplemen lengkap yang mengandung vitamin B, C, D, E, dan mineral zinc.

Baca juga: Ternyata Berjemur Pukul 12 Siang Paling Baik untuk Asupan Vitamin D

"Sebaiknya suplemen vitamin dan mineral dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan setelah makan di pagi hari supaya tidak menggangu pencernaan," jelasnya

"Sementara itu, bagi orang-orang yang memiliki penyakit atau gangguan imun harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com