Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Pilih Batik untuk ke Kantor? Begini Tips dari Para Ahli

Kompas.com - 01/10/2021, 06:06 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kini, batik tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang kuno, ketinggalan zaman, atau hanya bisa dipakai dalam suasana formal saja. Pasalnya, sudah banyak yang menganggap batik sebagai busana casual, dengan potongan yang bermacam-macam.

Kepopuleran batik ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2019 silam. Bahkan sejak tahun 2015, semua instansi dan kantor di Indonesia diwajibkan untuk mengenakan batik setidaknya setiap satu hari per minggunya.

Namun, meski berpotensi untuk membuat orang-orang menjadi hobi mengenakan batik sehari-harinya, tak jarang kewajiban ini malah bikin bingung memilih busana bertema batik yang sesuai untuk dikenakan ke kantor.

Nah, untuk menjawab kebingungan terkait busana batik apa yang harus dipilih, Kompas.com berbincang dengan dua desainer Indonesia tentang busana batik untuk ke kantor.

Harus smart casual

Leeteuk Super Junior mengenakan batik rancangan Ridwan Kamil yang dibuat bersama Batik Komar. INSTAGRAM @xxteukxx Leeteuk Super Junior mengenakan batik rancangan Ridwan Kamil yang dibuat bersama Batik Komar.
“Menurut saya sebagai desainer, olahan batik untuk busana kantor itu harus simple tapi smart casual (tidak terlalu kaku, namun tetap terlihat profesional), jadi lebih greget dan tidak monoton,” ujar desaner Ernie Kosasih saat dihubungi Kompas.com via Whatsapp pada Kamis (30/9/2021).

Menurut Ernie, mengenakan pakaian batik yang bergaya smart casual akan membuat penampilan seseorang terlihat lebih trendi asalkan dikemas dengan padu padan dan warna yang sesuai.

Untuk pilihan warna, Ernie mengatakan lebih baik menjatuhkan pilihan pada warna-warna bumi, tembaga, dan warna batu-batuan. Motif batik bertema flora juga bisa dipilih.
“Warna-warna ini lebih elegan dan timeless,” ujarnya.

Namun, Ernie mengatakan hal ini tetap harus disesuaikan dengan situasi dan aturan kantor pemakainya.

Kemeja untuk “main aman” dan mudah

Jungkook BTS tertangkap kamera memakai batik saat wawancaraYouTube Zach Sang Show Jungkook BTS tertangkap kamera memakai batik saat wawancara
Sementara itu, desainer asal Bandung yang juga memproduksi beberapa pakaian batik, Misan Kopaka, mengatakan kalau pilihan busana batik untuk ke kantor termudah dan aman jatuh pada kemeja.

“Bentuk bajunya, yang termudah adalah kemeja, karena baik buat semua kalangan dan instansi. Harganya juga lebih ekonomis dan cocok juga untuk yang Muslim,” ujar Misan saat dihubungi Kompas.com via Whatsapp.

“Atau bisa juga jas formal kalau ingin tampil lebih gaya,” tambahnya.

Corak

Untuk corak, Misan berpendapat agar setiap instansi menyesuaikannya dengan daerah domisili masing-masing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com