Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masker yang Baik untuk Cegah Infeksi Omicron, Sudah Tahu?

Kompas.com - 26/01/2022, 15:17 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini memakai masker wajah adalah salah satu protokol kesehatan (prokes) yang wajib dipatuhi untuk dapat mencegah penyebaran virus corona.

Karena tentu saja, masker juga menjadi penghalang yang berguna ketika batuk atau bersin.

Meski begitu, kita sudah tidak bisa memakai masker dengan sembarangan.

Apalagi, masker kain yang terbuat dari bahan katun tidak banyak melindungi dari partikel virus yang lebih mudah menular, seperti varian omicron.

"Pada dasarnya, interaksi yang sebelumnya tidak mengakibatkan infeksi yang sekarang membuat orang sakit," kata ahli penyakit menular, Steven Gordon.

"Para peneliti masih melihat berapa banyak omicron yang lebih menular daripada pendahulunya."

Baca juga: Riset Ilmuwan Jepang, Omicron Bertahan Lebih Lama di Permukaan

"Tetapi pada titik ini, jelas bahwa omicron memang lebih menular sehingga kita semua perlu mengambil tindakan pencegahan tambahan," ujar dia.

Itu artinya kita harus mempraktikkan prokes dengan lebih ketat, termasuk memakai masker dengan benar, dan melanjutkan jarak sosial.

Rekomendasi masker terbaik

Pada pertengahan Januari, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengumumkan, masker kain yang longgar tidak cukup untuk melindungi diri dari omicron.

Untuk melawan varian baru ini, kita perlu meningkatkan masker kain dan sebagai gantinya pilihlah masker dengan filtrasi tinggi yang pas dengan wajah kita.

"Kita benar-benar harus memastikan bahwa kita telah melindungi area hidung dan mulut sehingga membuat kita tetap aman," ungkap Gordon.

Ada pun, dia juga merekomendasikan beberapa masker wajah terbaik yang ampuh dalam mencegah penyebaran varian omicron sebagai berikut:

Masker respirator N95 standar

Masker ini sangat pas dengan wajah kita dan sangat efisien dalam penyaringan udara karena dapat menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

National Institute for Occupational Safety & Health (NIOSH) membagikan daftar merek dan model masker yang disetujui, tetapi pastikan kita membeli N95 standar, bukan N95 bedah.

Baca juga: Ampuh Cegah Penularan Covid-19, Begini Cara Kerja Masker N95

Meskipun masker ini menawarkan tingkat perlindungan yang sama untuk pemakaian sehari-hari, namun N95 standar sedikit kurang tahan cairan dan tidak diizinkan oleh FDA untuk digunakan sebagai masker bedah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com