Kompas.com - 25/01/2022, 17:35 WIB

KOMPAS.com - Riset terbaru membuktikan varian Omicron bertahan lebih lama di permukaan plastik dan kulit manusia.

Kesimpulan ini diambil oleh para peneliti Jepang yang membandingkan kinerja varian terbaru Covid-19 ini di laboratorium.

Hasilnya, varian Omicron dapat bertahan hingga 193,5 jam di permukaan plastik.

Baca juga: Tertular Varian Delta dan Omicron di Saat Bersamaan, Mungkinkah?

Sedangkan strain asli dan varian Alpha, Beta, Gamma serta Delta "hanya" bertahan selama, masing-masing, 56 jam, 191,3 jam, 156,6 jam, 59,3 jam, dan 114,0 jam.

Sementara itu, Omicron terbukti dapat bertahan di kulit manusia selama rata-rata  21,1 jam, berdasarkan sampel kulit mayat.

Pada permukaan serupa, varian Delta bertahan selama 16,8 jam, Gamma selama 11,0 jam, dan Beta sekitar 19,1 jam.

Lalu, varian Alpha dapat bertahan di kulit manusia selama 19,6 jam sedangkan strain Corona asli sekitar 8,6 jam.

"Stabilitas lingkungan" yang tinggi - kemampuannya untuk tetap menular - mungkin telah membantu Omicron menggantikan Delta sebagai varian dominan dan menyebar dengan cepat," demikian kesimpulan riset tersebut, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Berapa Lama Gejala Omicron Berlangsung?

Meski demikian, dikatakan pula, semua varian Covid-19 akan benar-benar tidak aktif dengan paparan pembersih tangan berbasis alkohol selama 15 detik.

 "Oleh karena itu sangat disarankan agar praktik pengendalian infeksi (kebersihan tangan) saat ini menggunakan disinfektan," tulis penelitian yang dirilis di Jurnal BioRxiv itu.

Saran ini serupa dengan usulan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di awal pandemi dulu yang kemudian diimplementasikan dalam prokes pencegahan Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.