Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Lakukan 3 Hal Ini Jika Tidak Ingin Kulitmu Rusak

Kompas.com - 20/04/2024, 15:35 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang sehat, indah, dan bercahaya. Kulit yang sehat tidak hanya berpengaruh pada penampilan namun juga pada kepercayaan diri seseorang.

Demi mendapatkan kulit yang sehat banyak dari kita yang melakukan berbagai perawatan, mulai dari rutinitas skincare di rumah sampai dengan treatment dengan harga yang fantastis.

Namun hal tersebut akan menjadi sia -sia jika kamu melakukan kebiasaan yang terlihat sepele tetapi sangat berpengaruh bagi kesehatan kulit. Kulit akan menjadi rusak karena kebiasan-kebiasan buruk yang sering dilakukan.

Pada acara Talkshow : Kebutuhan Kulit Cantik Perempuan Indonesia Tiap Fase Kehidupan yang diselenggarakan oleh Dermalogia Beauty Clinic and Skin Care Specialist, Sabtu (20/04/2024). Dr. Arini Astasari Widodo, MS, Sp.DVE, mengatakan ada beberapa kebiasaan yang membuat kulit menjadi rusak. Apa saja?

Baca juga: Mendapatkan Kulit Sehat ala V BTS, Apa Rahasianya?

Kebiasaan yang membuat kulit rusak

1. Memiliki gaya hidup yang buruk

Dr. Arini mengatakan gaya hidup yang buruk seperti sering makan junk food atau makanan instan akan memepengaruhi kesehatan kulit.

“Jika kamu mempunyai bad lifestyle tentu akan membuat kulit rusak, contohnya seperti kamu melakukan treatment anti aging tetapi punya lifestyle yang buruk seperti hobi makan junk food itu semua sia-sia,” katanya.

Itulah mengapa kehidupan yang sehat sangat penting bagi tubuh kita, tidak hanya untuk kesehatan pada bagian dalam tubuh namun juga berguna untuk kesehatan kulit.

2. Sering mencoba berbagai macam skincare

Mencoba berbagai macam skincare juga termasuk kebiasaan yang bisa membuat kulit menjadi rusak, karena tidak semua skincare akan cocok pada tipe kulit setiap orang. Ada baiknya  mengetahui jenis dan kebutuhan kulit kamu sebelum memakai produk apapun.

“Kadang orang susah mendiagnosa kulit sendiri dan akhirnya mencoba berbagai macam skincare,” lanjutnya.

Sebaiknya konsultasikan pada dokter mengenai masalah kulit yang kamu alami agar dokter bisa mencocokan skincare apa yang paling tepat untuk kondisi kulit kamu.

Baca juga: 7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kulit Sehat dan Indah

3. Treatment yang berlebihan

Selain membuat kulit lebih sehat dan membuat penampilan cantik, treatment kecantikan seringkali menjadi rutinitas, khususnya pada perempuan. Namun jika dilakukan secara berlebihan justru akan membuat kulit menjadi rusak.

“Sesuatu yang berlebihan tidak baik, peeling itu bagus, tapi kalau berlebihan jelek, membersihkan wajah bagus tapi jika terlalu sering juga tidak bagus,” tuturnya.

Selain treatment, memakai skincare yang berlebihan juga tidak disarankan seperti melakukan exfoliasi yang terlalu sering akan membuat kulit menjadi kering dan sensitif, sebaiknya dilakukan seminggu sekali atau dua kali saja.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Kulit Sehat yang Perlu Diketahui, Warna Merata 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com