Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Diri Bukan Egois: Ini Tips Menjadikan Diri Sendiri Prioritas

Kompas.com - 03/05/2024, 09:11 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Apa yang terlintas di benakmu saat memikirkan “perawatan diri”? Apakah konsep tersebut terkesan memanjakan diri sendiri atau egois?

Mungkin pikiranmu langsung tertuju pada perawatan kecantikan yang mahal, liburan mewah, atau belanja mewah. Atau mungkin kamu berpikir bahwa perawatan diri hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang mempunyai waktu dan uang lebih.

Jika itu masalahnya, inilah saatnya untuk mengubah pengertian sebenarnya dari istilah merawat diri, terutama bagi perempuan.

“Kita sering melihat pesan perawatan diri dalam iklan yang ditujukan kepada perempuan, namun umumnya pesan tersebut hanya sebagai promosi penjualan untuk sesuatu yang tidak kita perlukan,” jelas dokter kesehatan dan pengobatan pencegahan Sandra Darling, DO, MPH.

“Mereka mengatakan, 'kamu pantas mendapatkannya,' jadi masuk akal jika banyak orang mengasosiasikan praktik perawatan diri dengan memanjakan diri sendiri dan menghabiskan uang.”

Namun perawatan diri jauh lebih bermanfaat dan jauh lebih murah dibandingkan perjalanan spa atau liburan – dan ini sebenarnya merupakan elemen penting bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Baca juga: BCL Ungkap Pentingnya Merawat Diri bagi Perempuan

Dr Darling menguraikan apa sebenarnya arti perawatan diri dan mengapa sangat penting menyediakan waktu untuk itu.

Bagaimana pandangan wanita terhadap perawatan diri?

“Perawatan diri hanyalah nama lain dari merawat diri sendiri, yang penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita,” kata Dr. Darling. “Lebih khusus lagi, perawatan diri berarti mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhanmu.”

Dalam masyarakat kita, perempuan sering kali merasa berkewajiban untuk menjadi pengasuh, yang dapat membuatnya mendahulukan kebutuhan orang lain – kebutuhan anak-anak, pasangan, orang tua, teman, dan bahkan hewan peliharaan – di atas kebutuhannya sendiri.

Jadi, mungkin terasa canggung dan bahkan egois jika tiba-tiba kita mengubah kepedulian terhadap orang lain itu menjadi kepedulian terhadap diri sendiri.

Namun Dr. Darling mengatakan inilah saatnya untuk mulai memandang perawatan diri secara berbeda, meskipun hal ini mungkin menimbulkan ketidaknyamanan pada awalnya.

“Perawatan diri berarti meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri,” katanya, “dan jika kamu tidak merawat diri sendiri dengan baik, tubuh akan memberi tahu dengan cara yang negatif, misalnya menjadi sakit atau stres.”

Baca juga: Alasan Merawat Diri Penting untuk Kesehatan

Mengapa perawatan diri sangat penting

Stres kronis mendatangkan masalah pada kesehatan. Stres melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh meradang, dan membuat kita lebih rentan terhadap masalah kesehatan seperti:

  • Pilek
  • Depresi
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi.
  • Sindrom iritasi usus besar (IBS).
  • Sindrom metabolik.
  • Masalah tidur.
  • Sakit perut.
  • Diabetes tipe 2.
  • Pertambahan berat badan.

Bereaksi terhadap stres dengan aktivitas yang mematikan rasa – seperti menonton TV atau mengonsumsi junk food secara berlebihan – juga berkontribusi terhadap masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres.

Sebaliknya, aktivitas pereda stres bisa menenangkan pikiran dan menurunkan kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres. Latihan relaksasi dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan otak, dan membantu kita merasa lebih bahagia dan rileks, secara keseluruhan - semuanya merupakan hal yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com