Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Perawatan Diri yang Seharusnya Dihindari Pria

Kompas.com - 06/12/2023, 11:10 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak pria memang kurang merawat diri. Jika ada yang melakukannya pun, masih kerap melakukan beberapa kesalahan. Kesalahan tersebut mudah untuk dikenali dan disadari, namun mari kita ingat lagi.

Seiring berlalunya waktu, tubuh akan menunjukkan beberapa perubahan. Rambut akan mulai memutih, massa otot mungkin akan berkurang jika tidak rutin berolahraga, dan kulit akan mulai berubah sesuai usia.

Namun apakah kamu hanya akan duduk diam dan membiarkan waktu berjalan?

Teman-teman, ini saatnya untuk bijak dengan menghindari jebakan penuaan. Kita harus belajar tentang apa yang tidak boleh dilakukan saat angka 40 dalam usia semakin dekat.

Baca juga: Tak Hanya Wanita, Pria Juga Perlu Skincare

Persiapkan dirimu karena dalam kesempatan kali ini, kita akan menggali 5 kesalahan perawatan yang dilakukan banyak pria dan cara bangkit kembali dari kesalahan tersebut.

1. Mengabaikan perubahan fisik

Merupakan kesalahan umum bagi pria yang mendekati usia paruh baya untuk memanjakan dirinya sendiri dengan berpikir bahwa perawatan rutinnya tidak perlu disesuaikan.

Seiring dengan berkembangnya gaya, rutinitas perawatan juga harus berkembang. Meskipun nyeri tubuh biasa mungkin bisa diabaikan pada usia 20an, pada usia 40, mengabaikannya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Misalnya, mengabaikan kesehatan gigi. Mengabaikan sakit gigi bisa saja membawa masalah yang lebih serius seperti sakit gusi dan nanti bisa merambah ke bagian lain.

Selain tanda-tanda penuaan yang jelas seperti keriput, gigi yang menguning dapat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri, serta masalah gigi yang juga terkait dengan masalah kesehatan secara keseluruhan.

Jadi, sangat penting untuk menyesuaikan ritual perawatan dengan perubahan tubuhmu dengan menerima kenyataan bahwa tubuh memerlukan perhatian yang berbeda saat ini dibandingkan bertahun-tahun lalu.

2. Tidak memiliki rutinitas perawatan kulit

Seperti yang kita tahu, wajah adalah hal pertama yang diperhatikan orang tentang kamu. Jadi agar tidak terlihat seperti tas kulit keriput di usia 40-an dan 50-an, mulailah melindunginya dengan SPF yang sesuai dari sekarang.

Kamu bisa mengawali rutinitas perawatan kulit dengan scrub wajah alami untuk menghilangkan sel kulit mati, lalu beralih ke produk dengan retinoid dan antioksidan untuk pembaruan kolagen.

Jangan lewatkan juga pelembab wajah yang berkualitas, terutama setelah mandi air panas atau bercukur, untuk mengatasi kekeringan dan iritasi.

Mengabaikan kulit mungkin tidak hanya mengurangi kepercayaan diri tetapi juga berdampak pada kehidupan profesionalmu seperti misalnya, diabaikan dalam wawancara kerja karena kamu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Kamu tentu tidak ingin itu terjadi kan?

Maka, coba gunakan produk perawatan kulit alami seperti serum anti-kerut untuk mengatasi garis-garis halus dan kerutan agar terlihat percaya diri dan anti penuaan.

Baca juga: Kebiasaan yang Membuat Pria Tidak Menarik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com