Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Diet Detoks, Bisakah Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 27/04/2024, 20:15 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Diet detox atau diet detoks cukup populer dalam beberapa waktu terakhir. Pola makan ini diklaim mampu membersihkan darah dan menghilangkan racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline, pola makan ini biasanya melibatkan periode puasa, diikuti dengan diet ketat buah, sayuran, jus buah, dan air. 

Terkadang, detoksifikasi yang dimaksud juga mencakup minuman herbal, teh, suplemen, serta pembersihan usus besar.

Baca juga:

Namun, apakah diet detox dapat menurunkan berat badan? Berikut ulasan singkatnya.

Apakah diet detox dapat menurunkan berat badan?

Diet detox selain untuk menghilangkan racun dari tubuh juga diklaim dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pencernaan, tingkat energi, dan membantu menurunkan berat badan.

Mempraktikannya diklaim dapat mengistirahatkan organ-organ tubuh karena kita berpuasa, sehingga merangsang hati untuk membuang racun.

Sayangnya, penelitian tentang diet detox terhadap manusia masih terbatas dan beberapa studi yang sudah ada memiliki beberapa kekurangan.

Lebih lanjut, diet detox juga jarang merinci secara spesifik racun-racun apa yang ditargetkan. Mekanismenya juga belum begitu jelas. Maka, hanya ada sedikit bukti bahwa diet detox benar-benar bisa menghilangkan racun di tubuh.

Baca juga:

Secara umum, tubuh kita sudah ahli dalam membuang racun, apapun yang kita konsumsi. Racun tidak akan menumpuk di hati, ginjal, atau bagian lain dari tubuh, begitu pula dengan cara detoksifikasi terbaru seperti diet detox.

Namun, jika targetmu adalah menurunkan berat badan, diet detox mungkin bisa membantu menurunkan beberapa kilogram bobot.

Meskipun, kecenderungannya adalah berat badan akan kembali naik, seperti dilansir dari WebMD.

Pada akhirnya, kita belum tentu mendapatkan apa-apa dari pola diet tersebut sehingga tidak bisa dijamin merupakan pendekatan diet terbaik.

Satu-satunya jenis diet detoks yang bermanfaat adalah diet yang membatasi makanan olahan, berlemak tinggi, dan bergula, serta menggantinya dengan lebih banyak makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran. Pendekatan ni lebih akrab disebut pola makan bersih (clean eating), yang dianggap lebih ideal untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

@kompas.lifestyle Kamis (26/04/2024) kemarin, mimin berkesempatan datang untuk meliput karya dari berbagai desainer tanah air di acara Kelana Wastra Fashion Fest 2024. Penasaran gak sih gimana rasanya liputan fashion show, tonton video ini sampai habis ya! Kreatif : Via Furgativa Gumilar Produser : Nabilla Tashandra #fashionshow #wastrakelana #fashionindonesia ? love maybe nightcore - kpop speed up songs
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com