Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keuntungan Diet Vegan, Tubuh Langsing hingga Umur Panjang

Kompas.com - 01/11/2023, 15:40 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Vegan Sedunia diperingati setiap tanggal 1 November setiap tahun. Kampanye ini bertujuan mendorong orang-orang untuk menerapkan gaya hidup serta diet vegan demi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tema besar World Vegan Day 2023 adalah "Masa Depan Normal" yang menekankan pentingnya diet sehat dan bagaimana beralih ke pola makan vegan berkontribusi signifikan pada kesehatan hingga pelestarian lingkungan.

Beralih ke diet vegan sangat membutuhkan konsistensi karena banyak hal yang berubah dari cara kita makan hingga cara pandang tentang makanan.

Mereka yang menjalaninya sering memulai perjalanan itu dengan kesadaran tentang dampak lingkungan, etika hewan, produksi bahan pangan, hingga alasan kesehatan.

Meski kerap jadi kontroversi karena berkaitan dengan masalah kekurangan gizi, namun tidak sedikit pula orang yang sukses menerapkannya, karena diet vegan menawarkan sejumlah keuntungan dan dampak positif bagi diri sendiri hingga lingkungan sekitar.

Baca juga: Buah yang Masih Bisa Dikonsumsi Saat Diet Keto 

Keuntungan diet vegan

Diet vegan adalah pola makan yang berfokus pada asupan nabati dan menghindari 100 persen produk turunan sumber pangan hewani.

Beberapa sumber nutrisinya berasal dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan sejumlah produk pangan turunannya.

Secara umum diet vegan tidak hanya berlandaskan etika, tetapi pilihan pola makan yang lebih ramah lingkungan.

Tidak mudah saat menjalani diet vegan, apalagi jika ini pengalaman pertama. Disarankan untuk berkonsultasi dulu ke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan panduan yang tepat.

Jika sudah begitu, berikut beberapa keuntungan jika menerapkan diet vegan dalam kebiasaan sehari-hari.

1. Menawarkan sumber asupan bergizi tinggi

Pola makan vegan dikenal kaya akan nutrisi penting termasuk vitamin, mineral, protein, dan serat, yang menawarkan manfaat baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Sumber makanan nabati yang diutamakan biasanya memiliki jumlah serat, protein, dan nutrisi penting lainnya yang lebih banyak dibandingkan makanan lainnya.

2. Penurunan berat badan

Manfaat diet vegan lainnya adalah mendukung penurunan berat badan dengan cepat.

Saat kita beralih ke pola makan vegan, kita akan mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi dan biasanya rendah kalori sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan.

Orang yang mengikuti pola makan vegan sekitar 18 minggu, rata-rata kehilangan berat badan sebanyak 1,8 kg lebih banyak dibandingkan mereka yang mengikuti pola makan hewani.

Baca juga: Dolce & Gabbana Rilis Devotion, Riasan Vegan Berbahan Alami 

Ilustrasi seorang vegan.iStockphoto/RossHelen Ilustrasi seorang vegan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com