Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2024, 11:31 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Rasanya sulit untuk menghilangkan keinginan makan berlebihan saat perayaan Lebaran. Momen ini biasanya dirayakan dengan makan bersama anggota keluarga dan tersaji berbagai makanan dalam porsi besar. 

Untuk mencegah makan berlebihan, sebetulnya bukan soal makanan yang kita konsumsi, tapi cara kita untuk mengontrol nafsu makan. Sebab ketika kita makan berlebihan, maka hal itu dapat berkontribusi dalam memicu sakit perut, terasa tidak nyaman dan berbagai masalah pencernaan lainnya. 

Cara mencegah makan berlebihan saat Lebaran 

Kebiasaan makan berlebihan ini biasa disebut dengan istilah overeating. Mungkin banyak orang tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut bisa mengganggu kesehatan. 

Baca juga: Tips Hentikan Kebiasaan Makan Berlebihan

Melansir Hindustan Times, simak tips sederhana berikut ini untuk mencegah makan berlebihan saat perayaan Lebaran 2024. 

1. Minum air yang cukup 

Minumlah air secukupnya untuk mencegah dehidrasi. Kebiasaan ini bisa kita mulai dengan memerhatikan asupan air putih setidaknya delapan gelas per hari.  

Minum air yang cukup juga bisa mencegah munculnya sensasi "lapar palsu" saat kita melihat berbagai makanan tersaji di atas meja makan. 

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat menekan atau mengontrol nafsu makan berlebihan. Jika kamu ingin tips ini bekerja dengan baik, minumah segelas air sebelum mengambil makanan. Rasa kenyang arena minum akan mencegah kita mengambil terlalu banyak makanan.

2. Makan perlahan 

Makan perlahan juga dapat menekan nafsu makan sehingga kita dapat memerhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Tujuannya adalah untuk membedakan antara sinyal lapar dan nafsu makan yang membuat kita seolah-olah membutuhkan makanan dalam porsi banyak. 

Perlu diketahui, tubuh kita membutuhkan waktu untuk mengenali rasa kenyang. Dengan makan perlahan, kita akan tahu kapan merasa kenyang. 

Baca juga: Awas, Konsumsi Makanan Manis Bisa Bikin Kita Makan Berlebihan

3. Sajikan makanan yang tepat 

Tidak ada salahnya jika kita ikut berkontribusi dalam mempersiapkan makanan yang akan disajikan saat Lebaran di rumah. 

Usahakan untuk memilih atau memprioritaskan berbagai makanan sehat yang rendah kalori. Misalnya siapkan aneka sayuran sebagai salad atau makanan penutup seperti yogurt atau buah-buahan yang baik untuk pencernaan. 

Pilih makanan berserat seperti sayur dan buah agar tubuh merasa kenyang dan menghindarkan kita makan berlebihan. Hindari makanan dan minuman manis di awal, yang biasanya membuat tubuh menginginkan lebih.

4. Hindari banyak berbicara saat makan 

Makan bersama adalah waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dan ngobrol bersama keluarga atau orang yang kita cintai. Dan situasi ini cenderung membuat kita makan lebih banyak dari biasanya.

Namun untuk mencegah makan berlebihan, sebaiknya kita perlu menghindari banyak berbicara saat makan. Selain membuat kita tidak sadar dengan apa yang kita makan, kebiasaan banyak berbicara saat kita mengunyah juga bisa membuat perut kembung.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Makan Berlebihan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com