Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Diet Tetap Makan Nasi, Ketahui Cara Masak yang Tepat 

Kompas.com - 29/04/2024, 14:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian orang menghindari makan nasi saat menjalani program diet. Sebab, nasi kerap dianggap sebagai sumber karbohidrat yang tinggi kalori. 

Namun demikian, kamu masih bisa makan nasi saat diet asal memperhatikan beberapa hal. Alasannya, makanan pokok orang Indonesia ini, merupakan biji-bijian yang mudah dicerna, bebas gluten, dan mengandung vitamin B serta magnesium. 

Baca juga: Bukan Nasi, Ini 7 Sumber Makanan Tinggi Kalori yang Bikin Gemuk

Diet tetap makan nasi 

Berikut tips diet tetap makan nasi seperti dihimpun Kompas.com dari Times of India, NDTV, dan Primaya Hospitals. Jangan khawatir, kamu masih bisa mengurangi berat badan saat diet dengan tetap mengonsumsi nasi. 

Ilustrasi nasi putih, diet tetap makan nasiFREEPIK/JCOMP Ilustrasi nasi putih, diet tetap makan nasi

1. Defisit kalori 

Kunci utama dari kesuksesan diet adalah defisit kalori, dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan kalori yang dibakar setiap hari.

Jadi, meskipun tetap mengonsumsi nasi, kamu harus memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari. Melansir dari Primaya Hospitals, kebutuhan kalori untuk diet pada perempuan usia 19-30 tahun sekitar 2.000 hingga 2.400 kalori. 

Sementara, pada laki-laki usia 19-30 yakni antar 2.400 hingga 3.000 kalori. Nah, secara perlahan kamu bisa mengurangi asupan kalori tersebut. 

Namun, perlu diingat bahwa asupan kalori harus disesuaikan dengan aktivitas. Sebab, penurunan berat badan yang tidak disertai kecukupan nutrisi justru akan membahayakan kesehatan. 

Baca juga: Benarkah Nasi Shirataki Lebih Sehat dari Nasi Putih? Ini Penjelasannya

2. Perhatikan porsi nasi 

Tips kedua ini berhubungan dengan poin pertama. Guna melakukan defisit kalori, maka kamu perlu memperhatikan porsi nasi. 

Sesuaikan porsi nasi dengan kebutuhan diet kamu dalam setiap jadwal makan. Selain itu, hindari makan karbohidrat sebelum menyantap nasi. Sebaiknya, hindari makan nasi bersama dengan sumber karbohidrat atau lemak. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com