Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2023, 13:29 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Diet keto atau ketogenik -- diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak – seringkali membuat kita sangat selektif ketika ingin mengonsumsi makanan, bahkan buah sekalipun.

“Tujuan dari diet keto adalah untuk menginduksi ketosis,” kata Johna Burdeos, R.D., seorang ahli diet dan pakar nutrisi. Ketosis sendiri adalah keadaan di mana tubuh dipaksa untuk membakar simpanan lemak —bukan karbohidrat, sebagai bentuk bahan bakar utamanya.

Untuk mencapai keadaan ini, kita hanya boleh mengonsumsi maksimal 50 gram karbohidrat saja per hari. Sebagai referensi, satu buah pisang ukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat.

Mary Wirtz, R.D., konsultan untuk Mom Loves Best, menyebutkan bahwa makanan yang termasuk dalam diet ketogenik adalah makanan tinggi lemak seperti daging, telur, produk susu tinggi lemak seperti mentega, keju, keju cottage, dan krim asam, sayuran seperti brokoli, selada, kembang kol, paprika, dan zucchini, serta buah-buahan rendah karbohidrat.

Baca juga: 6 Tanda Tubuh Mencapai Proses Ketosis, Pelaku Diet Keto Wajib Tahu

Jika kamu tidak yakin buah-buahan apa saja yang rendah karbohidrat, coba simak rekomendasi berikut ini.

1. Alpukat

Burdeos mengatakan bahwa setengah buah alpukat mengandung 8,5 gram karbohidrat, namun kaya akan lemak sehat—terutama lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kesehatan jantung.

“Alpukat juga merupakan sumber kalium yang sangat baik —mineral elektrolit yang sering kurang diperoleh dalam makanan kita,” katanya. Poin plus dari buah ini ialah alpukat juga terasa lezat.

2. Persik

Satu buah persik kuning berukuran sedang mengandung sekitar 14 gram karbohidrat yang cukup sesuai untuk dikonsumsi ketika sedang melakukan diet keto.

3. Stroberi

Jenis beri ini disukai karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, potasium, antioksidan, dan hanya mengandung 12 gram karbohidrat per cangkir.

Stroberi juga mengandung magnesium dalam jumlah yang baik —mineral ini membantu mengatur tekanan darah dan terlibat dalam lebih dari 600 reaksi kimia di tubuh.

Stroberi terbukti membantu pengelolaan gula darah, mengurangi risiko kanker usus besar, meringankan gejala radang sendi, dan meningkatkan penyembuhan luka, kesehatan otak dan jantung.

4. Kiwi

Daging buah hijau yang berkulit tipis dengan bentuk mungil ini mengandung 10 gram karbohidrat yang bisa menjaga agar konsumsi karbohidrat tetap berada di bawah 50 gram. Akan nikmat jika mengonsumsi buah ini dengan mengirisnya menjadi dua kemudian mengambil dagingnya dengan sendok.

Baca juga: Mau Coba Diet Keto? Pahami Dulu Pertimbangan Penting Ini

5. Lemon

Lemon merupakan buah yang dapat digunakan untuk berbagai pengalaman kuliner. Kamu bisa memeras lemon segar ke dalam saus salad, tumis sayuran, minuman, dan banyak lagi. Wirtz mengatakan bahwa lemon, yang mengandung 4 gram karbohidrat per buahnya, adalah sumber vitamin C dan serat larut yang luar biasa.

“Vitamin C penting untuk kekebalan dari virus dan membantu mengurangi penyakit jantung,” katanya. “Pertimbangkan untuk menambahkan jus lemon segar ke dalam smoothie atau dengan segelas air menyegarkan untuk membuat tetap terhidrasi dengan baik.”

6. Tomat

“Satu tomat kecil mengandung sekitar 4 gram karbohidrat. Buah ini rendah kalori dan menambah rasa pada semua jenis hidangan, mulai dari sup, semur hingga saus, telur, pasta, dan pizza,” kata Burdeos.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com