Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Prostat, Menurut Ahli Diet

Kompas.com - 15/11/2023, 16:48 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Banyak pria mungkin mengabaikan gejala awal masalah prostat, padahal perawatan yang tepat diperlukan jika ditemukan gangguan pada organ itu.

Menurut Laura Purdy, dokter keluarga bersertifikat, kesehatan prostat dan kanker prostat memiliki peran penting dalam hidup pria, sehingga sebaiknya tidak diabaikan.

Penting bagi pria untuk menjaga gaya hidup sehat dengan diet seimbang, karena hal ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk masalah prostat.

Penelitian terbaru menyoroti bahwa diet kaya asam lemak omega-3, khususnya DHA, dapat melambatkan pertumbuhan kanker prostat.

Faktor gaya hidup, seperti konsumsi lebih banyak sayuran dan teh, pengurangan asupan lemak, menghindari alkohol dan tembakau, serta menjaga berat badan yang sehat, semuanya dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Baca juga: Zat Aktif dalam Tiga Makanan Ini Melawan Keganasan Kanker Prostat

Kenapa kesehatan prostat penting

Kanker prostat umum terjadi pada pria, dan risikonya cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.

Namun, berita baiknya adalah, jika kanker ini terdeteksi sejak dini, peluang penyembuhannya cukup tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk memantau kesehatan dan berbicara dengan dokter jika kamu mengalami gejala tidak biasa, seperti kesulitan buang air kecil, frekuensi buang air kecil yang tinggi, atau adanya darah dalam air seni atau air mani.

"Jangan mengabaikan tanda-tanda peringatan dini. Beberapa gejala peringatan dini mungkin mencakup buang air kecil yang menyakitkan, dorongan untuk buang air kecil yang konstan, termasuk terbangun di tengah malam, ejakulasi yang menyakitkan, disfungsi ereksi, dan bahkan rasa sakit di bagian bawah punggung, area panggul, atau pinggul," kata Laura Purdy dokter keluarga di Miami.

Laura Purdy, mengatakan selain mengadopsi pola makan sehat dan rutin berolahraga, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi alkohol merupakan kunci penting untuk menjaga kesehatan prostat.

Baca juga: Kenali Gejala Awal Kanker Prostat

Makanan yang baik untuk dikonsumsi

Menjaga kesehatan prsitat bisa dilakukan melalui beberapa cara, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut makanan yang baik untuk kesehatan prostat:

Tomat

Tomat adalah sumber yang kaya likopen, sejenis antioksidan yang terkait dengan penurunan risiko kanker prostat.

Mengonsumsi tomat yang dimasak atau dihaluskan, seperti saus spageti atau jus tomat, dapat meningkatkan penyerapan antioksidan ini oleh tubuh.

Likopen berperan dalam menetralisir radikal bebas berbahaya dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Selain itu, likopen memiliki sifat antioksidan yang kuat, melindungi DNA dari kerusakan, menghambat pertumbuhan sel tumor, dan mengatur siklus sel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com