Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Olahraga Tanpa Alat yang Baik Dilakukan Pria di Usia 50 Tahun

Kompas.com - 18/06/2023, 07:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh pria seiring bertambahnya usia dan beberapa di antaranya bukan hal yang baik.

Itulah mengapa penting untuk membangun kebiasaan sehat saat kita masih muda, sehingga kita dapat menjalani kehidupan lebih bugar ketika menua.

Sebab, tidak melakukan hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya otot, penambahan berat badan yang tidak diinginkan, dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Salah satu kebiasaan sehat yang dapat lakukan untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan, terutama di usia 50 tahu, adalah melakukan olahraga rutin.

Aktif secara fisik semaksimal mungkin saat kita menua adalah salah satu hadiah terbaik yang bisa diberikan untuk diri sendiri.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), olahraga dapat mendorong atau membantu menghindari berbagai penurunan kondisi yang berkaitan dengan usia dan membuat otot-otot tetap kuat.

Kita juga disarankan untuk melakukan minimal 150 menit olahraga yang cukup intens per minggu atau 75 menit aktivitas fisik yang kuat, serta dua hari latihan kekuatan.

Kabar baiknya, kita tidak perlu pergi ke gym untuk berolahraga. Bahkan, kita tidak memerlukan alat melakukannya.

Baca juga: 4 Latihan Ampuh untuk Bakar Lemak Perut dan Lengan di Usia 50 Tahun

Nah, untuk membantu memulai rutinitas kebugaran, seorang pelatih pribadi dan pendiri PTPioneer.com, Tyler Read, berbagi beberapa latihan terbaik untuk pria berusia 50-an tahun yang tidak memerlukan peralatan.

1. Push up

Ketika berolahraga, kebanyakan orang akan bernapas menggunakan mulut agar bisa mengambil oksigen sebanyak-banyaknya.SHUTTERSTOCK Ketika berolahraga, kebanyakan orang akan bernapas menggunakan mulut agar bisa mengambil oksigen sebanyak-banyaknya.
Push up melibatkan bahu, dada, dan trisep. Latihan ini juga mengaktifkan otot-otot di bagian inti tubuh untuk meningkatkan stabilitas.

Mulailah dengan posisi plank tinggi dengan tangan di bawah bahu dan kaki menapak di lantai, naikkan ke atas sampai ke bola kaki.

Tekuk siku untuk menurunkan dada ke arah lantai. Kemudian, tekan diri kembali ke atas.

Jika push up klasik terlalu menantang, Read menyarankan untuk memulai dengan push up yang dimodifikasi dengan lutut di lantai, bukan di kaki. Dari sana, kita dapat secara bertahap maju ke pushup tradisional.

2. Squat

Agar jalan kaki efektif mengecilkan perut buncit, selingi dengan bodyweight training, seperti squat.SHUTTERSTOCK Agar jalan kaki efektif mengecilkan perut buncit, selingi dengan bodyweight training, seperti squat.
Gerakan squat melibatkan otot-otot di tubuh bagian bawah seperti otot bokong, paha belakang, dan paha depan.

Mulailah dengan membuka kaki selebar bahu. Engsel pinggul kita ke belakang dan tekuk lutut untuk turun ke posisi jongkok, lalu tekan ke posisi awal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com