Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Makanan Kaya Vitamin E, Bikin Kulit Sehat

Kompas.com - 08/01/2024, 13:15 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Merawat kesehatan kulit tidak hanya dari sisi pengaplikasian produk, tapi juga dari sisi nutrisi yang masuk ke tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin E. 

Vitamin E dikenal sebagai antioksidan. Dikutip dari laman Harvard T.H. Chan School of Public Health, Senin (8/1/2024), vitamin E berperan dalam meningkatkan fungsi imun, mencegah pembentukan gumpalan di arteri jantung, dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: Gurihnya Kuah Kolagen, Tak Hanya Buat Perut Kenyang tapi Kulit Sehat

"(Sifat antioksidan vitamin E) juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sekaligus menstabilkan skin barrier (pelindung kulit)," tutur ahli diet Maddie Pasquariello, MS, RDN, dilansir dari Real Simple. 

Tidak hanya itu, vitamin E mampu mempertahankan tingkat kolagen dan pertumbuhan rambut. 

Adapun menurut standar diet yang direkomendasikan (Recommended Dietary Allowance atau RDA) Amerika Serikat, vitamin E sebaiknya dikonsumsi 15 miligram setiap hari untuk laki-laki dan perempuan berusia 14 tahun ke atas. 

Baca juga:

Contoh makanan yang mengandung vitamin E

Berikut beberapa makanan kaya vitamin E yang bisa dikonsumsi. Bila perlu, lakukanlah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

1. Alpukat

Alpukat termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin E sehingga bagus untuk kesehatan kulit.Dok. Unsplash/Kimia Zarifi Alpukat termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin E sehingga bagus untuk kesehatan kulit.

Alpukat lebih dari sekadar isian roti lapis atau hiasan salad. Buah bertekstur lembut ini mengandung 2,07 miligram vitamin E per 100 gram, dikutip dari Times of India.

Selain vitamin E, alpukat juga mengandung vitamin C dan kalium yang menyehatkan kulit. Buah ini bermanfaat untuk anti-aging (antipenuaan), termasuk membantu mengurangi keriput dan menyehatkan kulit.

Baca juga: Berapa Banyak Kalori yang Terkandung dalam Buah Alpukat?

2. Brokoli

Ilustrasi brokoli. PIXABAY/kgjerseth Ilustrasi brokoli.

Dalam setengah cangkir brokoli rebus, terdapat sekitar 1,1 miligram vitamin E. Sayuran hijau nan renyah ini juga mengandung zat besi, kalsium, vitamin C, dan serat-serat prebiotik. 

Mengonsumsi brokoli membantu melindungi kulit dari infeksi, sekaligus memberikan imunitas bagi tubuh.

Salah satu cara menyantap brokoli adalah dengan menyajikannya bersama sedikit mentega, minyak zaitun, atau kacang-kacangan cincang guna meningkatkan penyerapan vitamin E. 

Baca juga: 8 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh, Ada Brokoli dan Kunyit

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com