Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Membuat Kulit Tangan Lebih Cantik dan Muda

Kompas.com - 23/04/2024, 15:37 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kecantikan dan kesehatan kulit telah menjadi perhatian orang --terutama perempuan-- masa kini. Kita melembabkan setiap habis mandi, mengoleskan tabir surya dan memakai topi bertepi lebar saat berada di luar, dan memakai serum dan krim di malam hari.

Namun selain kulit wajah, tangan juga membutuhkan perlindungan dan perawatan. Mengabaikan tangan bisa membuat kulit di bagian itu terlihat jauh lebih tua dari usia kita sebenarnya.

“Sebagian besar dari kita memiliki rutinitas perawatan kulit untuk wajah, namun kita sering melupakan tangan kita,” kata ahli bedah tangan dan kosmetik Bryan Michelow, MD. “Dan itu adalah kesalahan.”

Tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat tangan dengan baik. Pelembab, tabir surya, dan perawatan lainnya dapat membantu kita mendapatkan tangan yang indah.

Michelow dan dokter kulit Amy Kassouf, MD, menjelaskan cara membuat tangan terlihat lebih muda.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering karena Terlalu Sering Mencuci Tangan

Tanda-tanda penuaan di tangan

Pernah kamu bertanya-tanya apa yang menyebabkan tangan menua? Jawabannya tidak lepas dari perubahan tubuh secara keseluruhan seiring berjalannya waktu. 

“Kulit kering, bersisik, kuku rapuh, dan bintik hitam akibat penuaan bisa menjadi masalah seiring bertambahnya usia,” kata Dr. Kassouf.

Dan kamu mungkin juga mendapati tangan yang keriput. Seiring bertambahnya usia, tangan kehilangan lemak dan elastisitas sementara kulit kehilangan volume. Berkurangnya volume dan penurunan elastisitas ini menghasilkan kulit yang keriput dan timbul bintik-bintik penuaan.

Bintik-bintik penuaan, juga disebut solar lentigines, terjadi setelah paparan sinar ultraviolet (UV) dan dapat memiliki berbagai warna coklat atau hitam. Mereka muncul di area yang paling banyak terkena sinar matahari, ketika melanin melimpah karena paparan sinar matahari. 

Kita bisa mendapatkannya pada usia berapa pun, terutama jika sering menghabiskan banyak waktu di luar ruangan atau terpapar matahari.

“Tangan kita lebih sering terpapar sinar matahari dan elemen berbahaya lainnya dibandingkan bagian tubuh lainnya,” kata Dr. Michelow.

Dan, karena tangan melakukan banyak hal, tangan menjadi lebih sering dicuci sepanjang hari.

“Sering mencuci dengan air panas menghilangkan minyak alami yang melumasi kulit dan melindungi permukaan kulit, akibatnya tangan lebih cepat menjadi kering dan pecah-pecah,” tambah Dr. Michelow.

Baca juga: Atasi Tangan Kasar dengan Cara Ini!

Apa yang bisa membuat tangan awet muda?

Kabar baiknya adalah ada banyak cara untuk mencegah dan melawan tanda-tanda penuaan di tangan. Kassouf dan Dr. Michelow menjelaskan cara menjaga tangan tetap sehat dan tampak awet muda.

  • Melembabkan. Jangan biarkan tangan kering. Biasakan untuk mengoleskan losion secara rutin sehabis mandi dan setiap kali setelah mencuci tangan. Sediakan sebotol pelembab di wastafel agar kamu tidak pernah lupa menggunakannya.
  • Lindungi kulit dan kuku. Kenakan sarung tangan berlapis katun saat berkebun atau saat menggunakan sabun atau bahan kimia yang keras. Gunakan sabun pH lembut untuk mencuci tangan. Carilah versi ringan atau ultra-ringan. 
  • Eksfoliasi. Saat melakukan eksfoliasi pada tubuh atau wajah, jangan lupakan tanganmu. Gunakan loofah lembut atau campuran gula, lemon, dan minyak alami untuk mengangkat kulit mati dan sel kulit mati di bagian atas telapak tangan, jari, dan buku jari. Jangan lupa untuk segera melembabkan setelahnya.
  • Kenakan tabir surya. “Biasakan memakai tabir surya setiap hari,” anjur Dr. Kassouf. “Tabir surya berspektrum luas dengan SPF 50 atau lebih akan sangat membantu mencegah bintik-bintik penuaan dan kerutan di tangan.” Melindungi tangan dari sinar UV juga dapat menjaga tangan tidak terlihat kurus dan keriput seiring bertambahnya usia. 
  • Makan makanan yang sehat. Pola makan seimbang dengan banyak vitamin, antioksidan, dan asam lemak omega-3 dapat menutrisi kulit dan membantu pertumbuhan kuku yang sehat. Jika pola makanmu rendah protein tertentu, vitamin C, atau vitamin B kompleks, atau jika daya serapmu buruk, kuku bisa menjadi rapuh dan mudah terkelupas. 

“Pastikan untuk mengonsumsi makanan seimbang yang penuh dengan nutrisi yang baik untuk kulit dan mengandung vitamin untuk menutrisi tangan dari dalam ke luar,” saran Dr. Kassouf.

Baca juga: Perhatikan, Tips Mencegah Kulit Tangan Tampak Keriput

Ilustrasi orang tua.SHUTTERSTOCK Ilustrasi orang tua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com