Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Dapur perlu Dirancang Berdasarkan Feng Shui

Kompas.com - 31/05/2022, 12:53 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika bicara soal Feng Shui dalam rumah tempat tinggal, maka dapur, pintu depan, kamar tidur akan menjadi tiga area paling penting.

Pintu depan menandakan mulut rumah tempat energi masuk, dan kamar tidur menjadi tempat kita menghabiskan banyak waktu setiap hari.

Sementara itu, dapur tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyiapkan dan menyimpan makanan untuk dikonsumsi, tetapi juga tempat energi baik dan buruk berinteraksi dengan api untuk mencapai keseimbangan.

Untuk itu, diperlukan beberapa tips Feng Shui guna membuat dapur menjadi sumber kesehatan dan kesejahteraan penghuni rumah.

Dikutip dari Britannica, Feng Shui merupakan sebuah sistem khas China yang memposisikan bangunan dan benda-benda di dalam bangunan dengan cara yang dianggap sesuai dengan kekuatan spiritual untuk membawa kesehatan dan kebahagiaan orang-orang di dalamnya.

Feng Shui sendiri berakar dari Taoisme, di mana 'Tao' berarti 'jalan' dan Taoisme melambangkan 'jalan alam.’

Artinya, Feng Shui dapat menyerap energi dari alam dengan prinsip-prinsipnya.

Prinsip-prinsip tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan energi ruang dalam rumah, meningkatkan kualitas kehidupan orang-orang yang hidup di dalamnya.

Baca juga: Langkah Mudah Terapkan Feng Shui di Rumah

Prinsip kunci dalam Feng Shui

Jika bicara soal Feng Shui, ada lima elemen kunci di dalamnya. Lalu, kita juga akan menemukan konsep chi menurut Taoisme yang dibentuk oleh yin dan yang.

Berikut penjelasannya.

Yin dan yang

Menurut filosofi China, chi atau energi terdiri dari elemen yin dan yang.

Sementara itu, taoisme meyakni bahwa keseimbangan energi yang saling melengkapi namun berlawanan ini meningkatkan aliran chi positif dalam kehidupan seseorang sembari menjauhkan chi negatif.

Biasanya, yin, sisi gelap, menandakan energi feminin dan dikaitkan dengan segala sesuatu yang keras, negatif, dingin, dan basah, sedangkan yang merupakan sisi terang dan mewakili energi serta kehangatan maskulin.

Lima elemen

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com