Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Manfaat Lidah Buaya dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 07/09/2022, 15:04 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Lidah buaya atau dikenal sebagai aloe vera merupakan tumbuhan yang telah digunakan untuk berbagai keperluan selama berabad-abad yang lalu. Lidah buaya dapat tumbuh di daerah kering, seperti Afrika, Asia, dan Amerika.

Tumbuhan ini dikenal karena khasiat pada pelepahnya yang mengandung berbagai macam nutrisi. Kandungannya antara lain, vitamin A, B1, B2, B3, mineral, enzim, dan asam amino. Karena inilah, lidah buayajuga sering dijumpai dalam deretan bahan perawatan wajah dan tubuh.

Manfaat baik untuk merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh dari aloe vera, juga terangkum dalam siniar Semua Bisa Cantik episode “Cara Menggunakan Aloe Vera sebagai Skincare” bersama Cerry, Tim Redaksi Stylo Indonesia.

“Aloe vera merupakan salah satu bahan alami yang punya banyak manfaat, karena bisa mencegah dan melindungi kulit wajah dan tubuh dari kerusakan akibat paparan debu, sinar matahari dan make up,” ujar Cerry.

Menurut Marisa Garshick, dokter kulit asal New York, Amerika Serikat, karena lidah buaya menyimpan air, ia dapat menjadi pelembab efektif, terlebih pada kulit yang luka. Di dalamnya, terdapat senyawa glukomanan yang membantu penyembuhan luka dan sengatan matahari dengan meningkatkan produksi kolagen.

Sifat antibakteri yang dimiliki lidah buaya juga berguna untuk pengobatan luka kecil agar tak terjadi infeksi. Itu sebabnya, lidah buaya cukup efektif untuk menyembuhkan jerawat.

Baca juga: Kenali Jerawat Mendem dan Cara Mengatasinya

Mengutip Medical News Today, berikut beberapa cara menggunakan lidah buaya sebagai bahan perawatan kulit

Sebagai Face Wash

Setelah mencuci tangan, gunakan ujung jari untuk mengoleskan sedikit gel lidah buaya ke wajah. Bersihkan wajah secara lembut dengan lidah buaya menggunakan gerakan melingkar yang menutupi seluruh kulit.

Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan. Penggunaannya jadi lebih maksimal jika menambahkan toner kulit lidah buaya setelahnya.

Sebagai Toner

Untuk membuat toner kulit lidah buaya, campurkan air dan gel lidah buaya dengan rasio 2:1. Tuang ke dalam botol kedap udara yang bersih dan simpan di lemari es.

Sebelum menggunakannya, kocok terlebih dahulu. Kemudian, semprot atau tuangkan cairan toner ke kapas dan usap perlahan ke wajah.

Untuk Kulit Terbakar

Oleskan gel lidah buaya dingin sebanyak dua atau tiga kali sehari ke area yang terbakar sinar matahari. Gunakan selama beberapa hari atau sampai warna kulit kembali normal dan peradangan membaik.

Baca juga: RUU TPKS, Pelindung Korban Kekerasan Seksual

Sebagai alternatif, campurkan air dan gel lidah buaya dengan perbandingan 2:1 untuk membuat semprotan. Setelahnya, simpan larutan di lemari es.

Untuk Luka Bakar Ringan

Oleskan gel lidah buaya dingin secukupnya untuk melapisi luka bakar. Setelah itu, tutup luka bakar dengan perban dan lepaskan pembalut keesokan harinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com