Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Perawatan Gigi Estetik Paling Laris, Ada Bleaching

Kompas.com - 12/01/2024, 18:31 WIB
Dinno Baskoro,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era modern ini, perawatan gigi tak cuma dianggap kebutuhan medis, tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Tidak sedikit pula orang yang menganggap perawatan gigi sebagai "investasi" yang juga memberikan manfaat jangka panjang.

Perkembangan inovasi dan teknologi di dunia perawatan gigi estetik yang semakin memadai menjadikan prosedur ini sebagai pilihan untuk tampil percaya diri.

"Zaman dulu mungkin orang ke klinik karena ada masalah pada gigi, sakit gigi dan lain sebagainya. Tapi sekarang semakin banyak yang memahami dan menganggap perawatan gigi sebagai gaya hidup yang juga meningkatkan kualitas hidup," kata CEO Audy Dental, drg. Yulita Bong saat ditemui Kompas.com di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: Gigi Bisa Alami Penuaan, Kenali Tanda-tandanya

Perawatan gigi estetik paling diminati

Lanjut Yulita, sejak klinik perawatan giginya berdiri pada 2009, perawatan estetik semakin digemari seiring berjalannya waktu.

Ada beberapa perawatan gigi estetika yang laris manis atau paling digemari, yaitu:

1. Veneer gigi

Veneer gigi umumnya terbuat dari porselen dan sejenisnya, kemudian ditempatkan pada permukaan gigi untuk mempercantik tampilan gigi yang kurang sempurna.

Ibaratnya, perawatan ini mirip seperti penempatan permukaan gigi palsu.

Secara umum, veneer gigi dapat membantu mengatasi masalah estetika seperti warna gigi yang menguning, bentuk gigi yang tidak rata, gigi yang rusak atau tidak sejajar hingga memberikan kontur pada wajah.

Baca juga: Pentingnya Merawat Gigi Serajin Memakai Skincare

Perawatan yang satu ini dapat menjadi solusi untuk memiliki tampilan gigi sesuai keinginan.

2. Behel dan aligner

Brace atau behel (kawat gigi) dan aligner (perata gigi) termasuk dua jenis perawatan gigi estetik sekaligus ortodontik yang dirancang untuk merapikan serta menyempurnakan struktur gigi.

Banyak orang yang tidak percaya diri dengan bentuk atau struktur giginya, sehingga dua perawatan tersebut dapat menjadi solusi.

Baca juga: Kapan Usia Terbaik untuk Memakai Kawat Gigi?

3. Bleaching gigi

Bleaching merupakan prosedur pemutihan gigi yang bertujuan untuk mengurangi noda atau memutihkan gigi menggunakan bahan kimia tertentu.

Prosedurnya bisa dilakukan dalam waktu singkat dengan hasil yang instan.

"Banyak orang memilih perawatan gigi seperti bleaching untuk mengembalikan warna alami gigi atau sekadar menciptakan senyuman yang lebih percaya diri," ujar Yulita.

Baca juga: Kawat Gigi Transparan, Merapikan dengan Rasa Sakit Minim

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com