Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggunaan Skincare yang Sederhana tapi Efektif Makin Diminati pada 2024

Kompas.com - 07/02/2024, 17:25 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsep "skin minimalism" atau penggunaan skincare yang lebih sederhana ternyata semakin diminati pada tahun 2024.

Menurut Mintel Global Consumers Data, konsep ini bahkan telah menjadi tren di industri kecantikan sejak adanya pandemi Covid-19.

Selain bisa menghemat biaya, penggunaan skincare yang lebih sederhana juga dapat meningkatkan fokus pada hal-hal yang lebih penting, seperti efisiensi waktu dan hasil nyata pada kulit.

Part Leader Strategic Marketing PT Cosmax Indonesia, Clara Insaniputri, mengungkapkan, masyarakat saat ini akan memilih produk skincare yang lebih minim, tetapi memiliki tingkat efikasi (best result) yang tinggi

Ini juga selaras dengan hasil survei Mintel Global Consumers Data September 2023, yang menyebutkan bahwa 90 persen orang Indonesia lebih mencari bukti nyata pada produk-produk kecantikan, termasuk skincare.

"Konsumen sekarang sudah semakin sibuk, tapi tetap ingin mendapatkan kulit yang sehat," kata Clara saat ditemui dalam konferensi kecantikan Cosmax Innovation Conference 2024 di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Baca juga: Mengenal Skin Minimalism dalam Rangkaian Skincare Rutin

"Jadi, skin minimalism itu adalah cara bagaimana mereka tetap bisa menutrisi kulit meskipun sibuk, atau tidak ada waktu untuk merawat kulit dengan tahapan rutinitas skincare yang terlalu banyak," terangnya.

Konsep penggunaan skincare yang sederhana juga mulai dikembangkan oleh beberapa merek kecantikan untuk mweujudkan tujuan kulit yang lebih sehat.

Misalnya, Clara mencontohkan, sekarang ada produk skincare seperti toner pads yang bermanfaat menutrisi kulit dalam satu langkah rutinitas skincare.

"Dengan satu toner pads sudah bisa menutrisi kulit dan untuk long efikasinya juga jauh lebih cepat dibandingkan kalau kita harus melakukan another step," jelasnya.

"Caranya mungkin lebih parktis, tapi efikasinya sama, atau mungkin lebih baik daripada kita melakukan rutinitas skincare yang step by step," ujar dia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com