Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Skincare Berlapis Bisa Sebabkan Jerawat Batu?

Kompas.com - 17/01/2024, 12:25 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menggunakan skincare secara berlapis sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Mulai dari penggunaan toner, essence, serum, moisturizer, dan masih banyak lagi. 

Namun ternyata, penggunaan skincare berlapis ini justru bisa menyebabkan masalah kulit baru, yakni timbulnya milia di permukaan wajah. 

Milia atau yang biasa dikenal dengan istilah “jerawat batu” bukan hal yang asing lagi, dan bahkan kerap dialami oleh sebagian orang. 

Dokter dermatologi dan venereologi, dr. Elin Herlina, Sp.DV menuturkan bahwa munculnya milia ini seringkali muncul karena pemakaian skincare berlapis. 

“Pakai skincare yang double-double (berlapis) jadi bisa munculin milia, kebanyakan orang kasusnya begitu,” ujar Elin kepada Kompas.com, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024). 

Baca juga: Benarkah Pemakaian Sunscreen Bisa Menyebabkan Milia?

Baca juga: 6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Milia di Wajah

Perhatikan kandungan skincare

Elin mengatakan, pemakaian skincare berlapis sangat diperbolehkan, apalagi untuk tujuan mengoptimalisasi hasil penggunaannya. 

Tetapi, jika tidak diperhatikan kandungan skincarenya, justru akan jadi pemicu munculnya milia. 

“Kalau misalnya sehari-hari pakai skincare yang kandungannya sama terus, misalnya sudah pakai moisturizer, tapi terus ditimpa lagi pakai skincare yang mengandung niacinamide, yang fungsinya untuk melembapkan juga, nanti bukannya hasilnya bagus, malah tumbuh milia pasti,” jelas Elin. 

Ia pun mengimbau untuk selalu memperhatikan kandungan tiap skincare yang digunakan untuk mencegah munculnya milia pada wajah, yang nantinya justru akan mengganggu penampilan. 

Tidak bisa dihilangkan jika hanya memakai skincare

Ilustrasi dokter kulit di klinik kecantikanShutterstock Ilustrasi dokter kulit di klinik kecantikan

Milia berasal dari penumpukan sel kulit mati, bercampur dengan sebum, hingga membentuk keratin. 

Tak sama dengan jenis jerawat lainnya, milia tidak bisa dihilangkan dengan penggunaan skincare secara rutin. Melainkan, hanya dengan metode kauter saja. 

Dalam hal ini, Elin menjelaskan kauter merupakan metode menggunakan batang besi yang dialiri listrik tegangan kecil, untuk membakar milia yang ada di wajah. 

“Dihilangkannya hanya bisa pakai cara kauter, itu yang bisa melakukan hanya dokter kulit. Jadi tidak bisa dihilangkan dengan cara dipencet, dioleskan obat jerawat, atau pakai skincare saja” ujarnya.

Baca juga: Apa Itu Jerawat Batu? Begini Penjelasannya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com