Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2024, 19:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet berbahaya penyebab kanker.

Selain digunakan sebelum keluar ruangan, para dokter kulit menganjurkan untuk mengaplikasikan kembali atau reapply sunscreen setiap dua jam sekali. Namun, masih banyak yang tidak melakukannya.

Salah satu riset Asosiasi Akademi Dermatologi Amerika (AAD) menemukan bahwa 65 persen mengatakan lupa mengaplikasikan kembali sunscreen setiap dua jam sekali ketika berada di luar ruangan.

Baca juga:

Padahal, jika penggunaan sunscreen tidak tepat, kulit kita menjadi tidak terlindungi dan tetap rentan terhadap paparan sinar ultraviolet, sehingga meningkatkan risiko kanker kulit, seperti dilansir dari laman AAD.

Lalu, bagaimana jika kita menggunakan makeup? Berikut langkah-langkah reapply sunscreen di atas makeup, seperti dilansir dari sejumlah sumber.

Reapply sunscreen di atas makeup

1. Menggunakan produk 2-in-1

Salah satu hal yang membuat banyak orang malas reapply sunscreen adalah karena menggunakan riasan wajah atau makeup. Tapi, apakah kita bisa reapply tanpa menghapus makeup?

Jawabannya, bisa!

Dilansir dari laman resmi Shiseido, produk skincare asal Jepang, reapply sunscreen tanpa menghapus makeup utamanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang tidak ingin riasannya diganggu. Namun, kulit akan lebih segar jika kita membersihkan riasan terlebih dahulu baru reapply sunscreen, sehingga kotoran dan minyak pada kulit hilang.

Baca juga: 8 Rekomendasi Sunscreen Anak, Bisa Dipakai Kulit Sensitif

Namun, agar lebih praktis, kita bisa menggunakan produk 2-in-1 yang kini sudah banyak terdapat di pasaran.

Jenisnya beragam, termasuk salah satunya tinted moisturizer, pelembap yang sudah berpigmen seperti foundation, yang sudah dilengkapi SPF (Sun Protection Factor).

Melansir Byrdie, produk-produk seperti ini juga biasanya lebih meminimalisasi whitecast atau residu putih yang kerap tertinggal di kulit wajah setelah menggunakan sunscreen.

Produk ini bisa diaplikasikan menggunakan spons, kuas, atau bahkan cukup dengan jari.

2. Lapisi dengan sunscreen powder

Langkah lainnya untuk lebih mudah reapply sunscreen adalah melapisinya dengan sunscreen powder atau sunscreen dalam bentuk tabur.

Dokter kulit yang berbasis di New York City, Doris Day, MD merekomendasikan untuk memilih formula berbasis mineral karena didesain khusus untuk diaplikasikan di atas makeup dan tetap melindungi kulit.

Baca juga: SPF Sunscreen Lebih Tinggi Lebih Baik, Benarkah?

Aplikasikan dengan gerakan memutar di wajah hingga berbaur dengan baik. Sunscreen powder bisa menjadi alternatif yang baik dari produk losion dan krim sekaligus memberikan hasil matte pada wajah.

3. Gunakan setting spray dengan SPF

Jika sangat tidak ingin atau tidak memungkinkan untuk menyentuh wajah, gunakan setting spray mengandung SPF.

Dianjurkan untuk reapply sunscreen ini setiap 30 menit sekali jika terpapar sinar matahari langsung atau setiap dua hingga tiga jam sekali jika di dalam ruangan.

@kompas.lifestyle Selama ini kalian udah bener belum pakai sunscreen-nya?? Kalau belum, ikutin cara di video ini yaa!???? Kreatif: Chrisstella Efivania Rosaline Produser: Nabilla Tashandra #sunscreen #tipspakaisunscreen #beautytips #skincare #tipsskincare ? suara asli - FASHIONATA DE KOKO
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com