Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Glow Up Tanpa Skincare yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 24/03/2024, 09:20 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Punya kulit glowing merupakan impian setiap orang, utamanya perempuan. Kulit glowing biasanya menggambarkan kondisi kulit yang sehat, terjaga kelembapannya, tidak kering, dan tidak kusam. 

Beragam produk skincare bisa membantu kulit menjadi glowing. Namun, ada sejumlah cara glow up tanpa skincare yang menarik untuk diketahui. 

Baca juga:

Cara glow up tanpa skincare tersebut cukup sederhana, sehingga bisa kamu lakukan secara rutin di rumah. Kuncinya, gaya hidup sehat berperan besar untuk membantu kamu glow up tanpa skincare

Cara glow up tanpa skincare

Kompas.com merangkum cara glow up tanpa skincare sebagai berikut dilansir dari Glamour dan Healthline

Ilustrasi kulit wajah sehat dan glowing, cara glow up tanpa skincarediana.grytsku/ Freepik Ilustrasi kulit wajah sehat dan glowing, cara glow up tanpa skincare

1. Minum banyak air putih 

Bukan rahasia lagi bahwa air putih sangat bermanfaat untuk hidrasi kulit. Melansir dari Healthline, kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. 

Sebuah penelitian pada 2015 menyimpulkan bahwa ada hubungan kuat antara kebiasaan minum lebih banyak air dan memiliki kulit yang lebih sehat, dilansir dari Healthline.

Jadi, jika ingin punya kulit sehat yang glowing, upayakan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Dokter Spesialis Kulit, Kelamin, dan Estetik, Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE, menuturkan, rata-rata kebutuhan air adalah 2,7 liter untuk perempuan dan 3,7 liter untuk laki-laki. 

“Konsumsi air dapat berbeda-beda berdasarkan berat badan, gender, aktivitas fisik, umur, dan lainnya,” tuturnya, dikutip dari Kompas.com, Minggu (9/3/2024).

2. Hindari begadang 

Kebiasaan sehat lainnya yang dapat membantu glow up tanpa skincare adalah tidur yang cukup. Jadi, sebaiknya hindari begadang. 

Ada banyak efek negatif begadang buat kulit muka, mulai dari membuat wajah tampak kusam, mempercepat keriput, menimbulkan kantong mata, merusak skin barrier, dan lainnya. 

Tak cukup dengan tidur cukup, kamu juga perlu memperhatikan posisi tidur. Melansir dari Glamour, posisi tidur yang baik agar kulit wajah tetap glowing adalah posisi telentang. 

Setelah sinar UV, penyebab keruta wajah paling umum kedua adalah membenamkan wajah ke dalam bantal di malam hari,” kata Dokter Estetik Selebriti, Renee Rouleau, dikutip dari Glamour

Tidur telentang adalah pilihan yang ideal, karena menekan wajah ke bantal pun dapat menyebabkan garis-garis halus pada muka. 

Baca juga: Manfaat Aloe Vera untuk Menjadikan Wajah Glowing

Baca juga: 12 Makanan yang Bisa Bikin Wajah Glowing

3. Pijat wajah 

Pijat wajah menggunakan jari ternyata dapat membantu kulit menjadi sehat serta tampak glowing

“(Pijat muka pakai jari) Tidak hanya merangsang sirkulasi darah, tetapi juga membantu meminimalkan garis-garis halus dan mengurangi peradangan,” jelas Facialist Selebriti, Cecilia Wong, dilansir dari Glamour

Caranya cukup muda, gunakan jari manis untuk menekan tulang orbital dengan lembut, lalu gerakkan dari sudut mata dalam ke luar, ulangi dua hingga tiga kali. Selain area mata, kamu juga dapat memijat seluruh bagian wajah untuk merangsang kolagen, memperkuat otot-otot wajah, dan meningkatkan sirkulasi darah. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com