Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2023, 11:34 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, kecantikan bukan hanya tentang makeup yang sempurna, tetapi juga tentang keindahan alami kulit. Semua orang menginginkan kulit yang bersinar, bebas dari kerutan dan noda, serta tampak segar dan sehat.

Banyak produk kecantikan dan perawatan kulit yang menjanjikan hasil instan. Namun, ada kunci rahasia untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing alami, yaitu dengan mengonsumsi ikan secara teratur.

Dibalik rahasia kulit glowing yang menjadi incaran banyak orang, terdapat serangkaian nutrisi dan zat penting yang memainkan peran vital, seperti kolagen, vitamin D, dan vitamin B.

Kolagen sering dijuluki sebagai "perekat" tubuh manusia, merupakan elemen utama dalam menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Kekurangan kolagen dapat mengakibatkan kulit kendur dan kehilangan kilau alaminya.

Sementara itu, peran vitamin B, terutama B12 dan B9, juga tidak bisa diabaikan. Vitamin-vitamin ini memainkan peran krusial dalam pembentukan inti sel-sel tubuh.

Baca juga: Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan, Apa Saja?

Tanpa inti sel yang kuat, proses pembentukan sel baru tidak akan berjalan lancar. Oleh karena itu, menjaga asupan vitamin B menjadi penting untuk memastikan regenerasi sel kulit yang sehat.

Menariknya, semua ini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi ikan secara teratur. Bagi kamu yang ingin menjaga kecantikan kulit sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang.

Terutama melalui konsumsi ikan yang kaya akan kolagen, vitamin D, vitamin B, dan asam lemak omega-3.

Dengan demikian, bukan hanya kulit yang bercahaya, tapi juga kesehatan secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, M.S., seorang ahli gizi dari IPB University dan Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, kita perlu mengonsumsi ikan dalam jumlah yang cukup untuk meraih manfaat maksimalnya.

Baca juga: Tips Membuat Anak Suka Makan Ikan sejak Awal Kehamilan

Ia menyarankan untuk mengonsumsi minimal 100 gram ikan sehari setidaknya empat kali dalam seminggu.

“Minimal 100 gram satu hari. Minimal 4 hari atau 4 kali dalam satu minggu. Ya jadi kalau sudah 100 gram sehari minimal 4 kali, kalau bisa setiap hari lebih baik lagi,” ujar Hardin dalam acara peluncuran Serial Edukasi #KeluargaGemarIkanBersamaABC untuk Masyarakat Sehat & Cerdas, Kamis (19/10/2023) di Jakarta.

Dengan memenuhi jumlah konsumsi yang direkomendasikan, manfaat ikan sebagai sumber nutrisi penting seperti kolagen, vitamin D, vitamin B, dan omega-3 akan terwujud secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com