Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2023, 13:19 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit yang sehat dan bercahaya adalah impian banyak orang. Wajah glowing bukan hanya tentang penampilan, melainkan juga mencerminkan kesehatan dan perawatan yang baik.

Wajah glowing tentu saja tak hanya untuk para selebritas. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan menjalani rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Berikut serangkaian tips untuk membantu wajah kamu tetap glowing.

Lakukan double cleansing

Faktor eksternal seperti perubahan cuaca, pergeseran hormon, dan kurang tidur bisa membuat kulit kusam. Selain itu, stres sehari-hari dari polutan, riasan, bakteri, dan keringat juga dapat berdampak.

Bersihkanlah wajah dengan baik agar terhindar dari kulit yang kusam dan tampak tidak bercahaya. Kadang, satu kali pembersihan tidak cukup sehingga double cleansing diperlukan.

Gunakan pembersih sesuai jenis kulit di pagi hari untuk mengurangi minyak, dan di malam hari untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk sepanjang hari.

Rajin eksfoliasi

Kulit kusam umumnya disebabkan oleh penumpukan kotoran, minyak, riasan, keringat, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat.

Eksfoliasi adalah langkah penting dalam perawatan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati, memberikan tampilan kulit yang lebih segar, dan meningkatkan kemampuan kulit dalam menyerap produk perawatan.

Baca juga: Begini Cara Mudah agar Wajah Glowing Tanpa Menguras Kantong

Eksfoliasi ini juga membantu membersihkan pori-pori dan menampakkan wajah glowing yang sebelum tertutup oleh kotoran dan sel-sel kulit mati.

Penumpukan sel-sel kulit mati dapat terjadi pada semua jenis kulit. Untuk membantu mengatasi masalah ini dan merangsang kulit baru yang cerah, disarankan untuk memasukkan eksfoliator ke dalam rutinitas perawatan kulit.

Cobalah untuk melakukan eksfoliasi seminggu sekali dengan pembersih lembut agar wajah tampak glowing.

Hidrasi

Hidrasi memegang peranan kunci dalam penampilan kulit. Jumlah air yang kamu konsumsi dapat tecermin pada kondisi kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

Hal ini tidak terkecuali untuk kulit kamu. Memastikan kulit tetap terhidrasi dan lembap menjadi hal yang sangat penting.

Cobalah untuk fokus pada pemilihan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit dan memenuhi kebutuhan khusus kulit kamu daripada mencari produk yang diklaim sebagai "pelembap terbaik untuk wajah glowing.”

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker wajah untuk mendapatkan hidrasi yang cukup. Tekstur masker wajah yang tebal memungkinkannya untuk menjaga kelembapan lebih lama.

Baca juga: 12 Makanan yang Bisa Bikin Wajah Glowing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com