Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2024, 06:31 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Di tengah cuaca ekstrem selama bulan Ramadhan ini, penggunaan tabir surya atau sunscreen dinilai sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Hal ini terutama di daerah dengan paparan sinar matahari tinggi sepanjang tahun.

“Pemakaian sunscreen sangat penting di tengah suhu yang tinggi, terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan paparan sinar matahari yang cukup intensif sepanjang tahun, dengan Indeks UV yang sangat tinggi,” ujar Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE di Jakarta, Minggu (24/3/2024), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Ia menyebutkan beberapa alasannya. Pertama, penggunaan sunscreen dapat memberikan perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet (UV).

Perlindungan ini membantu mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya, serta mengurangi potensi kemunculan garis-garis halus dan kerutan.

Selain itu, sunscreen juga dapat mencegah terbakarnya kulit akibat paparan sinar matahari dengan cara menyerap atau memantulkan sebagian besar sinar UV sebelum mencapai kulit.

Ketiga, sunscreen membantu mencegah risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV berlebih.

“Paparan berlebihan terhadap sinar UV dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Pemakaian sunscreen secara teratur dapat membantu mengurangi risiko ini,” kata tutur dosen dan peneliti di Fakultas Kedokteran UKRIDA itu.

Baca juga:

Namun, ia mengingatkan bahwa penggunaan sunscreen harus dikombinasikan dengan perawatan lain, seperti mengenakan pakaian pelindung, topi, dan menghindari paparan sinar matahari langsung pada puncak intensitasnya.

Adapun penggunaan sunscreen menurutnya harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari, tidak hanya pada saat cuaca cerah atau saat beraktivitas di luar ruangan.

“Perlindungan terhadap sinar matahari diperlukan sepanjang tahun untuk mencegah kerusakan kulit jangka panjang,” tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com