Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Tidur Siang Perlu Pakai Sunscreen? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 12/01/2024, 17:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tabir surya atau sunscreen adalah produk skincare yang perlu digunakan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV).

Dokter spesialis kulit dan kelamin sekaligus pengurus Perdoski, Dr Fitria Agustina SpKK FINSDV, FAADV, menyarankan agar sunscreen digunakan setiap hari pada kulit yang tidak tertutupi oleh pakaian jika berada di luar ruangan.

Hal ini penting karena sinar UV yang berbahaya dari matahari hadir sepanjang tahun, bahkan pada hari berawan.

"Dianjurkan untuk menggunakan sunscreen yang memberikan perlindungan spektrum luas (melindungi dari sinar UVA dan UVB), memiliki SPF minimal 30, dan tahan air," katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Memakai Sunscreen?

Bolehkah tidur siang pakai sunscreen?

Kendati lebih disarankan pada pemakaian di luar ruangan, namun kita sebaiknya tetap menggunakan sunscreen di dalam ruangan apabila tidak mendapatkan cukup perlindungan dari sinar UV.

Terlebih, sinar UVA masih bisa menembus kaca di dalam ruangan sehingga kita tetap memerlukan perlindungan secara optimal.

Lalu, bagaimana jika kita hendak tidur siang di rumah? Apakah kita tetap membutuhkan sunscreen sebagai perlindungan?

Secara umum, jika kita berencana untuk tidur siang di dalam ruangan dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung, maka tidak diperlukan untuk mengaplikasikan sunscreen.

"Sunscreen utamanya dirancang untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV langsung, yang umumnya tidak menjadi masalah di dalam ruangan," terang Dr Fitria.

"Namun, jika tidur siang di tempat yang mendapat banyak sinar matahari langsung, seperti dekat jendela yang tidak terlindungi, menggunakan sunscreen bisa menjadi langkah pencegahan yang baik," jelas dia.

Adapun dokter spesialis kulit, kelamin, dan estetik, Dr. Arini Astasari Widodo, SM, SpDVE, menganjurkan untuk memakai sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++ pada pukul 10 pagi hingga 4 sore.

"Pada jam-jam ini level radiasi sinar UV bisa sangat bervariasi," katanya.

"Mengoleskan kembali setiap dua jam memperhitungkan fluktuasi ini, menyesuaikan dengan perubahan level paparan UV untuk memastikan kulit tetap terlindungi," jelas dia.

Di samping itu, Dr Arini juga merekomendasikan pemakaian sunscreen dilakukan 15 menit sebelum kita terpapar sinar matahari, jika kita akan keluar rumah.

"Rekomendasi untuk mengoleskan tabir surya 15 menit sebelum keluar didasarkan pada waktu yang dibutuhkan oleh bahan aktif dalam tabir surya untuk menjadi efektif dalam memberikan perlindungan optimal terhadap radiasi UV," ungkapnya.

Baca juga: Simak, Cara Pakai Sunscreen yang Tepat Menurut Dokter Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com