Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Merawat Wajah Saat Musim Hujan, Tetap Pakai Sunscreen

Kompas.com - 11/01/2024, 13:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Udara saat musim hujan bisa tidak menentu, kadang lembap, gerah, dan dingin. 

Dilansir dari Lifestyle Asia, Kamis (11/1/2024), kelembapan yang meningkat selama musim hujan dapat menimbulkan sejumlah masalah kulit, mulai dari jerawat, infeksi jamur, hingga kulit kusam. 

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Tetap Terhidrasi

Berikut beberapa tips perawatan kulit wajah (skincare) saat musim hujan yang bisa jadi bahan pertimbangan:

Tips skincare saat musim hujan

1. Tetap pakai sunscreen

Menghindari paparan sinar matahari berlebih bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di bawah mata atau setidaknya mencegah muncul semakin banyak kerutan.PEXELS/ARMIN ROMOLDI Menghindari paparan sinar matahari berlebih bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di bawah mata atau setidaknya mencegah muncul semakin banyak kerutan.

Jangan remehkan kekuatan matahari, bahkan saat musim hujan. Dikutip dari Hindustan Times, sinar ultraviolet (UV) tetap bisa menembus awan, bahkan saat mendung, dan bisa berdampak negatif pada kulit.

Salah satu cara untuk melindungi kulit dari dampak UV adalah memakai sunscreen (tabir surya), sekitar 15 menit sebelum bepergian ke luar ruangan. Aplikasikan ulang sunscreen setiap dua-tiga jam sekali.

Baca juga:

2. Jaga kebersihan wajah

Jerawat di dagu dan di area lainnya juga dapat dirawat dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.Shutterstock Jerawat di dagu dan di area lainnya juga dapat dirawat dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.

Membersihkan wajah secara rutin penting dilakukan saat musim hujan guna membersihkan minyak dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori. 

Gunakanlah sabun cuci muka yang ber-pH seimbang (pH balanced) agar kulit tetap segar dan bersih. Bisa juga tambahkan dengan toner guna mengembalikan keseimbangan pH kulit. 

Baca juga: 10 Ide Kegiatan di Rumah Saat Musim Hujan, Tak Cuma Tidur

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com